Anak Depresi Karena Orang Tua Jual HP di Cirebon, Pemulihannya Dijamin Kementerian PPPA

- 19 Mei 2024, 12:30 WIB
Anak Depresi Karena Orang Tua Jual HP di Cirebon, Pemulihannya Dijamin Kementerian PPPA.* (foto ilustrasi)
Anak Depresi Karena Orang Tua Jual HP di Cirebon, Pemulihannya Dijamin Kementerian PPPA.* (foto ilustrasi) /PR Kuningan/Pexels

PR KUNINGAN — Seorang anak depresi karena orang tua jual HP yang ia beli berkat jerih payahnya bekerja keras walau masih berusia 13 tahun duduk di kelas enam SD (sekolah dasar). Pasca viral, kini penanganan pemulihan kesehatan mental mendapat pendampingan dari Kementerian PPPA.

A adalah nama inisial dari anak depresi karena orang tua jual HP warga Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

A mengalami depresi setelah ibunya menjual HP miliknya. Setelah mendapat perhatian dari pemerintah daerah hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyatakan siap menjamin untuk proses pemulihan anak depresi karena orang tua jual HP tersebut.

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA, Nahar, Sabtu 18 Mei 2024, menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan dan terus bekerja sama untuk memastikan masalah yang dihadapi anak depresi karena orang tua jual HP ditangani dengan baik.

Nahar menyatakan bahwa pemerintah daerah Kota Cirebon telah memberikan wewenang kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk memastikan pemenuhan kebutuhan dasar, pendidikan, dan layanan psikologis bagi A.

Baca Juga: Sejarah Baru Persib Bandung Taklukan Bali United, Persib Tunggu Hasil Borneo vs MU di Final Champions Series

Ditambahkannya, bahwa pekerja sosial dan konselor yang ada di Pusat Pelayanan Terpadu untuk Perempuan dan Anak (PPT) rumah sakit juga telah membantu dalam penanganan.

Bahwa anak depresi karena orang tua jual HP membutuhkan dukungan dari ahli kejiwaan karena hasil pemantauan terdapat masalah kesehatan mental yang mengganggunya.

Meskipun kini kondisi A membaik, tapi dirinya masih membutuhkan dukungan tangan profesional mendampingi dalam proses pemulihan.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah