Sejarah Baru Timnas Indonesia Satu-satunya Negara Asia Tenggara Lolos ke Ronde-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

- 12 Juni 2024, 10:51 WIB
Sejarah Baru Timnas Indonesia Satu-satunya Negara Asia Tenggara Lolos ke Ronde-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.* (foto ilustrasi)
Sejarah Baru Timnas Indonesia Satu-satunya Negara Asia Tenggara Lolos ke Ronde-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.* (foto ilustrasi) /PR Kuningan/

PR KUNINGAN — Timnas Indonesia mencatatkan sejarah baru dalam kancah sepak bola, setelah menjadi satu-satunya tim nasional dari Asia Tenggara yang berhasil lolos ke ronde-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pun, sebelumnya Timnas Indonesia mencetak sejarah baru berhasil mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar, dan semifinal Piala Asia U-23 2024.

Sekaligus, Timnas Indonesia pula dengan lolos ke ronde-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, bisa mendapatkan tiket khusus berlaga di Piala Asia mendatang.

Pasukan Merah-Putih mengalahkan Timnas Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) di Senayang, Jakarta, Selasa 11 Juni 2024 malam. Skuad Garuda Nusantara melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kali, makanya disebut sejarah baru.

Dua gol Timnas Indonesia ke gawang Filipina, masing-masing dicetak Thom Haye (31 menit) dan Rizky Ridho (55 menit).

Baca Juga: Hasil Timnas: Garuda Cakar Abis Kiper Persib, dan Rezeki Indonesia Berkat Tembakan Rudal Haye Guncang Filipina

Hasil akhir, Garuda menempati posisi kedua di klasemen akhir Grup F dengan 10 poin, yang memungkinkan mereka untuk lolos ke putaran ketiga. Dengan demikian, mereka akan otomatis lolos ke Piala Asia 2027, menemani pemuncak klasemen Irak, yang telah lolos sebelumnya.

Vietnam sekarang berada di posisi ketiga dengan enam poin, dan hasil apa pun dari pertandingan melawan Irak di Stadion Internasional Basra pada Rabu (12/6) pukul 01.00 WIB tidak akan memengaruhi nasib The Golden Stars di babak kualifikasi.

Meskipun Indonesia masih bernama Hindia Belanda pada tahun 1938, mereka pernah bermain di putaran final Piala Dunia. Selain itu, Indonesia belum pernah mencapai babak ketiga dalam format saat ini, dengan kecepatan terbaik yang pernah mereka miliki adalah ketika mereka melaju ke putaran kedua pada Kualifikasi Piala Dunia 1986.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah