7148 Surat Suara Tidak Layak untuk Pemilu 2024 Ditemukan Bawaslu Kuningan

- 17 Januari 2024, 19:07 WIB
Hasil pengawasan Bawaslu pada tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilu di daerah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pihak Badan Pengawas Pemilu setempat menemukan 7.148 lembar surat suara Pemilu 2024 semua jenis yang dikategorikan tidak layak.*
Hasil pengawasan Bawaslu pada tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilu di daerah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pihak Badan Pengawas Pemilu setempat menemukan 7.148 lembar surat suara Pemilu 2024 semua jenis yang dikategorikan tidak layak.* /Pikiran Rakyat Kuningan / Erix Exvrayanto

PR KUNINGAN — Hasil pengawasan Bawaslu pada tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilu di daerah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pihak Badan Pengawas Pemilu setempat menemukan 7.148 lembar surat suara Pemilu 2024 semua jenis yang dikategorikan tidak layak.

Oleh sebab itu, pihak Bawaslu Kuningan melayangkan surat rekomendasi untuk perbaikan terkait surat suara (yang tidak layak) agar diganti oleh pihak KPU Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: 4,5 Juta Lembar Surat Suara Lebih untuk Pemilu 2024 di Kuningan, KPU Melaporkan Rampung Disortir dan Dilipat

Keterangan tersebut dikemukakan Ketua Bawaslu Kuningan, Firman, setelah memastikan bahwa hasil pengawasan pihaknya sesuai dengan data yang dikumpulkan oleh anggotanya.

“Kami meminta penyelenggara pemilu di daerah Kabupaten Kuningan untuk segera mengganti atau mendapatkan ulang surat suara Pemilu 2024 yang layak,” tukasnya.

Baca Juga: APK Fuji Dibabat Bawaslu Kuningan Pasca Tuai Polemik

Baca Juga: Pinjol ‘si Rentenir Online’ Menyelinap ke Gawai-gawai dalam Genggaman Masyarakat, Menjerat bak Lintah Darat

Berdasarkan data, disebutkan Ketua Bawaslu Kuningan, tercatat sebanyak 2.980 lembar surat suara untuk jenis DPRD provinsi adalah yang paling banyak masuk kategori tidak layak.

Kemudian, 193 lembar surat suara tidak layak diperlukan penggantian untuk lembar pemilihan presiden. Ditambah 1.164 lembar surat suara untuk DPR RI, 1.378 lembar surat suara untuk DPD RI, dan 1.433 lembar surat suara untuk DPRD kabupaten.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah