Titik Rupabumi Gunung Tilu Ditilik Pemkab Kuningan, Situs Cagar Budaya Berusia 500 SM Jadi Potensi Pariwisata

- 17 Februari 2024, 20:47 WIB
Pemkab Kuningan dan Perum Perhutani KPH Kabupaten Kuningan menilik titik rupabumi di situs Batu Kuta Tingkem, Batu Naga Kuningan, dan Puncak Gunung Tilu, Desa Jabranti, Kec. Karangkancana, untuk tujuan konservasi cagar budaya dan menggali potensi pariwisata daerah.*
Pemkab Kuningan dan Perum Perhutani KPH Kabupaten Kuningan menilik titik rupabumi di situs Batu Kuta Tingkem, Batu Naga Kuningan, dan Puncak Gunung Tilu, Desa Jabranti, Kec. Karangkancana, untuk tujuan konservasi cagar budaya dan menggali potensi pariwisata daerah.* /Pikiran Rakyat Kuningan / Erix Exvrayanto

PR KUNINGAN — Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd., melakukan giat Ekspedisi Gunung Tilu di Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat 16 Februari 2024.

Tujuan Ekspedisi Gunung Tilu adalah untuk menegaskan batas wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan Jawa Tengah, serta menggali potensi guna peningkatan pendapatan daerah melalui situs cagar budaya dan pariwisata.

Rombongan Pemkab Kuningan dan Perum Perhutani KPH Kabupaten Kuningan berangkat pada pukul 03.00 pagi WIB dari Pendopo Sekretariat Daerah setempat.

Baca Juga: Pemilu 2024 Melelahkan, di Kuningan 1 Anggota KPPS Cijoho Meninggal Dunia, 1 Lagi di Kadatuan Keguguruan

Tiba di Dusun Banjaran, rombongan menunaikan ibadah Sholat Shubuh, sebelum memulai perjalanan untuk mengunjungi tiga situs: Batu Kuta Tingkem, Batu Naga Kuningan, dan Puncak Gunung Tilu.

Gunung Tilu terletak di dekat perbatasan Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Gunung ini tidak aktif dan tidak berapi.

Gunung Tilu secara administrative terletak di Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana dan Desa Cimara di Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: Ahli Waris Petugas KPPS Kuningan yang Meninggal Dunia Setelah Bertugas Dapat Santunan 42 Juta

Kabupaten Kuningan terletak di Jawa Barat, sedangkan Kabupaten Cilacap dan Brebes terletak di Jawa Tengah, dengan puncak tertingginya di puncak Gunung Tilu. Tidak jauh dari sana ada lokasi yang dikenal sebagai situs Batu Naga Kuningan.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah