Hujan Deras Guyur Semalam Suntuk, Sejumlah Desa di Kuningan Terendam Banjir

- 24 Mei 2024, 10:18 WIB
Sejumlah Desa dan Kelurahan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat Terendam Banjir pada Kamis, 23 Mei 2024 Malam/ Kolase
Sejumlah Desa dan Kelurahan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat Terendam Banjir pada Kamis, 23 Mei 2024 Malam/ Kolase /Ade Ardiansyah/Pikiran Rakyat Kuningan

PR KUNINGAN — Hujan deras yang mengguyur di hampir seluruh wilayah di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada Kamis, 23 Mei 2024 malam, membuat sejumlah titik wilayah tergenang banjir.

Tidak hanya faktor hujan dengan intensitas tinggi, banjir kian diperparah dengan buruknya drainase di beberapa wilayah hingga menyebabkan banyak rumah warga dan jalan raya ikut tergenang.

Salah satu wilayah yang tergenang air ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, tepatnya di Dusun Kaliwon dan Dusu Pahing.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Kuningan, untuk di wilayah Desa Kertayasa ada sembilan rumah warga yang sempat tergenang banjir pada Kamis malam yakni 3 rumah di Dusun Pahing, serta 6 rumah warga di Dusun Kaliwon.

Banjir berawal saat hujab dengan intesitas lebat mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 18:00 WIB hingga membuat sungai Sura Katiga Meluap serta drainase yang tak dapat menampung debit air.

Baca Juga: Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP, Akui ingin Fokus Mengurus Keluarga Kecil

Hal tersebut berakibat banjir menggenang rumah warga dengan ketinggian 50 cm di Dusun Kliwon dan 30 cm di Dusun Pahing, Desa Kertayasa.

Tidak cukup sampai disitu, banjir pada Kamis malam tadi turut menggenang lima rumah warga dan 1 mushola di wilayah Desa Karangtawang, Kecamatan Kuningan, dengan ketinggian 30 sampai 80 cm.

Luapan sungai Surakatiga juga sempat ikut menggenangi jalan kabupaten yang jadi penghubung  wilayah Karangtawang-Garawangi terendam air setinggi 30 cm hingga 1 meter.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: BPBD Kuningan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah