Perempuan Pahlawan Ultra Mikro; 'Street Micro Business Woman'

- 17 November 2023, 20:15 WIB

PIKIRAN RAKYAT KUNINGAN — Berikut ini, foto-foto kegiatan perempuan pelaku usaha ultra mikro yang berdagang di pinggir jalan alias pedagang kaki lima (PKL) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Perempuan-perempuan Srikandi Kuningan ini patut disebut pahlawan. Karena, mereka di usia paruh baya bahkan ada yang memasuki usia senja, masih berdaya kuat berjibaku menggeluti bidang usahanya.

Hal itu dilakukan tak lain demi menyambung hidup hingga kelangsungan keluarganya. Satu perempuan pedagang kaki lima malahan sebagai "perempuan kepala keluarga (PEKA)", pasalnya suaminya yang semula berjualan bersama tapi sekarang tak bisa beranjak dari rumahnya.

Diketahui, suami perempuan itu kakinya diamputasi setelah mengalami luka tertusuk paku. Menahun lukanya itu tak kunjung kering atau tak bisa diobati lantaran mengidap 'diabetes'.

Satu pedagang lainnya, di usia paruh baya berbekal modal hasil menjadi tenaga kerja wanita (TKW) di Irak, kini berjualan makanan di pinggir jalan raya.

Dan satu pedagang lagi, di usia senja menginjak kepala 7. Masih harus menjaga usaha kelontongannya hingga malam hari.***

 

#PNMJournalistPhotoJourney

#lombafotoPNM

#PNM

Images Lainnya

Terpopuler

Kabar Daerah

x