BMKG Ingatkan Warga Pesisir Jawa Barat Hingga Yogyakarta Waspada Gelombang Tinggi Laut Selatan

- 6 Juni 2024, 11:53 WIB
Ilustrasi Gelombang Laut Selatan Jabar- DIY.
Ilustrasi Gelombang Laut Selatan Jabar- DIY. /Pikiran Rakyat Kuningan/Dok. Istimewa

PR KUNINGAN — Imbauan disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), agar warga di pesisir selatan Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta seluruh pengguna jasa kelautan, harus waspada terhadap kemungkinan gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY, terutama di wilayah Samudra Hindia.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah, Teguh Wardoyo, menyatakan bahwa gelombang tinggi sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa hari lalu dan diperkirakan akan terjadi hingga hari pekan ini.

Terkait itu, dia menyatakan bahwa tinggi gelombang di wilayah perairan selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY diperkirakan berkisar antara 1,25 dan 2,5 meter, atau kategori sedang.

Baca Juga: 5 Sekuel Star Wars: The Acolyte, Dibintangi Aktor dan Artis Bintang Hingga Otak Kreatif di Belakang Layar

Di wilayah Samudra Hindia selatan Jabar, Jateng, dan DIY, diperkirakan tingginya berkisar antara 2,5 dan 4 meter.

"Kami imbau wisatawan untuk tidak bermain air atau berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas, meskipun tinggi gelombang di wilayah perairan atau pantai selatan Jabar-DIY relatif sedang,” imbau Teguh.

Dia menyatakan bahwa hal itu dilakukan untuk mengantisipasi gelombang tinggi yang dapat mencapai daerah perairan saat terjadi di Samudra Hindia.

Teguh memperkirakan bahwa seiring dengan peningkatan musim angin timuran, gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY akan semakin sering terjadi. Dia mengatakan bahwa pada puncak musim angin timuran, gelombang dapat mencapai kisaran 4-6 meter, yang merupakan kategori sangat tinggi.

Baca Juga: Investigasi Kang Dedi Mulyadi Temukan Fakta Baru Kasus Vina Cirebon, ini Sesuatu Tentang Flyover Kepongpongan!

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah