Warga Jawa Barat Diingatkan BMKG Tentang Dampak Hujan Deras, Waspadalah!

- 3 Juli 2024, 10:05 WIB
Ilustrasi hujan. Ramalan Cuaca BMKG 28 Februari 2023 di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan
Ilustrasi hujan. Ramalan Cuaca BMKG 28 Februari 2023 di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan /Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

PR KUNINGAN — Warga provinsi di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua diingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) supaya mewaspadai dampak kemungkinan hujan berintensitas tinggi pada Rabu, 3 Juli 2024.

Sebagai informasi yang diterima, BMKG menyampaikan bahwa di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 3 Juli 2024, Pusat Meteorologi Publik BMKG melaporkan beberapa provinsi harus waspada terhadap hujan deras.

Pun, termasuk Jawa Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Gorontalo.

Baca Juga: Update Data Jumlah Penduduk Miskin dan Angka Inflasi Jawa Barat Terbaru

Selanjutnya, mayoritas wilayah terletak di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan Papua.

BMKG mengingatkan masyarakat dari mayoritas provinsi untuk mewaspadai hujan deras yang disertai petir dan kilat pada Rabu siang dan sore hari.

Meskipun sebenarnya sudah mulai memasuki musim kemarau, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto sebelumnya menjelaskan bahwa dampak bencana akibat hujan di sejumlah wilayah Indonesia yang masih tinggi mungkin terjadi.

Baca Juga: Muncul Tenda Pengungsi di Kuningan, Ditjen Imigrasi Kemenkumham Respon Begini

Fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang ekuatorial Rossby Kelvin, dua dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia, memengaruhi kemungkinan hujan yang lebih besar.***

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah