Kongres PWI XXV Dibuka Presiden Jokowi di Istana Negara, Singgung Publisher Rights Harus Lebih Holistik

- 25 September 2023, 21:27 WIB
Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023 yang digelar di Istana Negara Jakarta, pada Senin, 25 September 2023.
Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023 yang digelar di Istana Negara Jakarta, pada Senin, 25 September 2023. /Biro pers setpres /

PR KUNINGAN — Kongres PWI XXV Tahun 2023 resmi dibuka Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin 25 September 2023.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa dunia pers di seluruh dunia menghadapi tantangan yang semakin meningkat, termasuk peningkatan program kecerdasan buatan (AI).

Baca Juga: HANTARU 2023, Kantor ATR/BPN Kuningan Nyatakan Siap Berantas Mafia Tanah

"Ini tidak kita rasakan sendiri di Indonesia, tapi semua negara merasakan hal yang sama, dunia persnya menghadapi semakin banyak tantangan, karena memang dunia digital ini tidak bisa kita hentikan," ungkap Jokowi kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Menurutnya, ketika KTT G20 di India, 9-10 September 2023, Jokowi mengatakan bahwa enam negara besar berbicara khusus tentang AI karena banyak negara takut akan perkembangan AI.

Baca Juga: Asda 2 Setda Kuningan Ukas Suharfaputra Bukan Birokrat Lagi, Kini Direktur PAM Tirta Kamuning

Dia mengatakan, "Saya menangkap ada ketakutan yang sangat besar mengenai artificial intelligence, dan regulasinya selalu terlambat, sehingga selalu didahului oleh hal-hal yang baru."

"Semua tahu naskah narasi bisa pakai AI, bahkan membawakan berita juga bisa pakai AI, karena dengan munculnya AI saja, banyak peran manusia akan terancam dalam dunia kerja,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Berikan Pemahaman Pentingnya Legalitas Produk UMKM Kepada Pengusaha Ciamis

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah