PDIP Hormati Langkah Kaesang Pangarep Pilih PSI

- 30 September 2023, 21:30 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyampaikan arahan saat kegiatan Konsolidasi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Provinsi Bali di kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu, 30 September 2023.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyampaikan arahan saat kegiatan Konsolidasi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Provinsi Bali di kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu, 30 September 2023. /ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Spt/

PR KUNINGAN — Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kritiyanto menghormati langkah Kaesang Pangarep yang memilih bergabung dengan PSI.

Menurutnya, hal tersebut telah diatur dan diperintakan dalam konstitusi bahwa kebebasan telah diatur didalam Undang-Undang Republik Indonesia.

“Pasalnya, hak untuk bebas berserikat diatur dalam Pasal 28 E ayat (3) UUD NKRI 1985 yang berbunyi, ‘Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Sabtu, 30 September 2023.

Meski memiliki jalan politik yang justru berbeda dengan Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka sebagai kader PDIP, Hasto meyakini bahwa Kaesang akan tetap berkomitmen dalam bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Respon PDIP Soal Langkah Kaesang Merapat ke PSI: Hak Beserikat, Berkumpul itu Dihormati

“Kami meyakini meskipun pilihan berbeda, tapi komitmen bagi fundamental kehidupan berbangsa dan bernegara itu tidak akan berubah,” kata Sekjen PDIP,

Untuk itu, tambahnya, PDIP sangat menghargai keputusan Kaesang Pangarep bergabung ke PSI karena telah diatur dalam konstitusi tentang hak berserikat, hak berkumpul.

Adapun soal aturan di PDIP yang melarang satu keluarga berbeda partai, Hasto menyebut bahwa Kaesang Pangarep kini statusnya sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri.

Hasto menegaskan, pihaknya bisa melarang dan mengingatkan aturan partai apabila yang bersangkutan dalam hal ini Kaesang Pangarep, sebagai keluarga ini.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah