Siap Hadapi Keadaan Darurat , Puskesmas Ciniru Sukses Gelar Simulasi 'Code Red'

- 10 Oktober 2023, 20:43 WIB
Para pegawai Puskesmas Ciniru mengikuti pelatihan code red langsung oleh UPT pemadam.kebakaran Kabupaten Kuningan
Para pegawai Puskesmas Ciniru mengikuti pelatihan code red langsung oleh UPT pemadam.kebakaran Kabupaten Kuningan /Tatang Budiman/

PR Kuningan - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Ciniru, yang terletak di Jalan Raya Ciniru No. 57 Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan, telah sukses menggelar pelatihan simulasi kebakaran "Code Red" dan latihan evakuasi,Selasa 10 Oktober 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan tim K3 (Kesehatan, Keselamatan, dan Kecelakaan Kerja) serta pegawai dalam menghadapi keadaan darurat, khususnya dalam penanganan kebakaran dan evakuasi korban.

Baca Juga: Kabar Gembira: Teknologi VAR Siap Digunakan di BRI Liga 1 Tahun Depan

Pelatihan tersebut melibatkan berbagai tahap, mulai dari pemberian materi tentang formulasi tim K3 di lingkungan Puskesmas Ciniru hingga penerapan tim K3 saat situasi darurat, termasuk penanganan kebakaran, evakuasi pasien, pegawai, pengunjung, dan aset milik Puskesmas. Simulasi kebakaran dilakukan dengan membentuk tim-tim khusus, seperti tim penyelamatan evakuasi pasien/pekerja/pegawai, tim penyelamatan aset Puskesmas, tim penyelamatan dokumen Puskesmas, dan tim pemadaman internal.

Baca Juga: Persib Bandung Harus Siap Kehilangan 4 Pemain Andalan Menghadapi Borneo FC

Dalam pelaksanaan simulasi kebakaran "Code Red" dan evakuasi drill ini, UPT. Damkar Satpol. PP Kabupaten Kuningan berperan penting dengan mengerahkan 15 anggota regu 3 dan peralatan dari Randis Damkar UPT. Damkar Satpol. PP Kabupaten Kuningan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 46 orang pegawai dari UPTD Puskesmas Ciniru.

Baca Juga: Komedian Bedu Dililit Rentenir Online Pinjol Sampai Rumah Rp5,5 M Dilego Lalu Rela Tinggal di Gubuk Derita

Kepala UPT Damkar Kabupaten Kuningan Khadafi Mufti menjelaskan, adapun hasil dari pelatihan tersebut diperoleh beberapa hal penting diantaranya :
1. Tim K3/pegawai UPTD Puskesmas Ciniru telah mendapatkan pelatihan yang komprehensif terkait code red dan evakuasi drill.
2. Seluruh sistem proteksi kebakaran di Puskesmas Ciniru berada dalam kondisi baik dan siap digunakan.
3. Terdapat beberapa kekurangan dalam peralatan keselamatan untuk tim K3 internal yang masih harus dipenuhi oleh manajemen.
4. Tim K3 Puskesmas Ciniru - Kuningan secara umum telah memahami prosedur evakuasi dan pemadaman api menggunakan alat pemadam kebakaran (APAR).

Baca Juga: Dodoy Sukses Budidaya Ikan Air Tawar di Tengah Kemarau Panjang, Ini Kunci Suksesnya

"Dengan pelatihan ini, UPTD Puskesmas Ciniru Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan tingkat kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat, khususnya dalam penanganan kebakaran. Hal ini akan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pasien, pegawai, dan aset yang berada di dalam Puskesmas Ciniru,"kata Khadafi.***

Editor: Iwan Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah