Imbas Kereta Api Argo Semeru Anjlok, PT KAI Sebut Dua Jalur Kereta Tidak Bisa Digunakan Sementara

- 17 Oktober 2023, 16:08 WIB
Kondisi Kereta Api Argo Semeru pasca mengalami anjlok diperlintasan kereta di wilayah Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Kondisi Kereta Api Argo Semeru pasca mengalami anjlok diperlintasan kereta di wilayah Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta /

PR KUNINGAN — Insiden kereta api anjlok menimpa KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di jalur kereta Sentolo-Wates, Kulon Progo, Yogyakarta pada Selasa, 17 Oktober 2023 sekitar pukul 13:15 WIB siang.

Diketahui kereta api Argo Semeru rute Surabaya Gubeng-Gambir tiba-tiba anjlok dari rel. Secara bersamaan, kereta Argo Wilis rute Bandung-Surabaya hingga menabrak bagian belakang Argo Semeru.

Insiden kecelakaan yang melibatkan dua kereta api yakni Argo Semeru dan Argo Wilis dengan rute yang berbeda, terjadi di KM 520+4 tepatnya antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates.

Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) akhirnya buka suara atas insiden anjloknya dua kereta sekaligus. EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji menyebut, atas insiden kecelakaan menyebabkan dua lajut antara Wates-Sentolo tidak bisa digunakan untuk sementa ini.

Baca Juga: Kereta Api Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo, KAI Sampaikan Permintaan Maaf

Raden menambahkan, saat ini PT KAI dan sejumlah pihak terkait tengah melakukan evakuasi terhadap ratusan penumpang kereta api Argo Semeru dan Argo Wilis.

“Kedua jalur rel antara Wates-Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut,” jelasnya.

Adapun upaya lain yang dilakukan PT KAI selanjutnya, tambahnya, adalah melakukan evakuasi dua rangakain kereta api Argo Semeru dan Argo Wilis, serta melakukan perbaikan jalur yang rusak imbas anjloknya kereta.

“Bagi perjalan KA-KA yang akan melintas di wilayah Wates-Sentolo, KAI akan melakukan upaya reakayasa pola operasi, berupa jalan memutar dan oper stapend,” tulisnya.***

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah