Operasi Lilin 2023, Ini Strategi Korlantas Polri Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2024

- 2 November 2023, 10:23 WIB
Ilustrasi kesiapan polisi menghadapi Nataru 2024 dalam Operasi Lilin 2023.*
Ilustrasi kesiapan polisi menghadapi Nataru 2024 dalam Operasi Lilin 2023.* /

PR KUNINGAN — Korlantas Polri mempersiapkan rute yang akan digunakan dalam Operasi Lilin 2023 selama Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru 2024) di Pulau Jawa. Dimana, telah dilaksanakan peninjauan dari Pos Lalu Lintas Cikopo, Puwakarta hingga Pos Kalikangkung pada hari Rabu, 1 November 2023.

Dalam tinjauan tersebut, Brigjen Pol Aan Suhanan, Dirgakkum Korlantas Polri, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kepadatan.

Beberapa strategi yang direncanakan termasuk membatasi kendaraan angkutan barang yang melintas dan menerapkan aliran balik dengan menambah satu hingga lajur untuk mengantisipasi tingkat kepadatan yang akan datang.

Baca Juga: Legenda Tim Mawar Fauka Noor Farid Anak Angkat Habib Luthfi Blusukan di Jogja Dukung Pemenangan Prabowo-Gibran

Dalam keterangannya pada hari Kamis, 2 November 2023, Aan mengatakan, "Kemudian di titik pertemuan Cisumdawu dan Cipali di KM 152 kemungkinan akan terjadi pertemuan arus dari Bandung dan arah Jakarta ini juga sudah kita antisipasi."

“Kita simulasi CB (cara bertindak) apa yang akan kita lakukan sehingga prediksi terjadi kepadatan dan perlambatan di sini bisa kita antisipasi dengan melakukan dobrak (pembukaan contraflow) ke KM sebelumnya dan masuk kembali di KM setelahnya," jelasnya.

Setelah itu, tinjauan dilanjutkan ke KM 86 A, di mana pelebaran jalan sedang dilakukan. Selain itu, tinjauan juga dilakukan di pintu masuk KM 153 A (jalur masuk) Cisumdawu–Cipali dan berakhir di Pos Lalu Lintas Kalikangkung.

Baca Juga: Persib Maung Bandung Cakar Sape Kerrab Madura United di Kandangnya, Persib Tempel Borneo FC di Puncak Klasemen

Aan menyatakan bahwa pemaparan dari Wadirlantas, Bina Marga, dan sejumlah pihak yang terlibat dalam jalur arteri baik itu Pantura Tengah maupun Selatan dengan kondisi jalan 90% dengan kondisi yang stabil dapat diantisipasi dengan baik.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Humas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah