Capres Ganjar Pranowo Harap Isu Wadas dan Pabrik Semen Rembang Dibahas di Debat Pilpres 2024 Keempat

- 15 Januari 2024, 08:30 WIB
Aksi Demonstrasi Menolak Tambang di Desa Wadas.*
Aksi Demonstrasi Menolak Tambang di Desa Wadas.* /Istimewa/

PR KUNINGAN — Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berharap bahwa isu pembangunan tambang batu andesit di Desa Wadas dan Pabrik Semen Rembang, Jawa Tengah, bakal dibahas pada ajang debat Pilpres 2024 keempat yang akan berlangsung pada akhir pekan ini.

Capres Ganjar Pranowo dua proyek pembangunan yakni tambang Wadas dan Prabrik Semen Rembang, memang kerap kali jadi permasalahan yang selalu sorotan saat kinerjanya menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah 2013-2023.

Ganjar berharap, pada ajang debat Capres 2024 keempat nanti, bisa dijadikan ajang klarifikasi.

“Sebaiknya dibahas (persoalan pabrik semen Rembang dan bendungan Wadas dalam debat Capres 2024 keempat),” ujar Capres Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Ini Keuntungan yang Didapat Saat Meminjam di DANA PayLater, Nomor 2 Meninggiurkan: Ini Cara Daftarnya

Meskit begitu, Ganjar Pranowo menjelaskan meskipun kerap kali mendapatkan kritikan dan sorotan tajam dari publik, namun pabrik semen Rembang dan tambang batu andesit di Desa Wadas merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menurutnya, saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah kala itu, dirinya memang diharuskan untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat di daerah.

Meski diterpa kritik dan penolakan, Capres Ganjar Pranowo mengaku bersyukur karena dua proyek pembangunan tetap bisa selesai. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pu merasa bahwa ada keputusannya yang pro-lingkungan akan tetapi memang kerap kali tidak terekspos.

Hal itu ia buktikan setelah sempat menolak izin pembangunan pabrik semen di Kebumen dan tambang emas di Wonogiri yang bukan jadi bagian PSN.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah