Kereta Api Probowongi Tabrak Mobil ELF, 11 Penumpang Meninggal Dunia

- 20 November 2023, 07:55 WIB
Mobil ELF ringsek total akibat ditabrak kereta api 266 Prabowangi dengan rute Ketapang-Surabaya Gubeng di Lumajang, Jawa Timur.*
Mobil ELF ringsek total akibat ditabrak kereta api 266 Prabowangi dengan rute Ketapang-Surabaya Gubeng di Lumajang, Jawa Timur.* /Twitter @komunitasahabatkereta/

PR KUNINGAN — Insiden kecelakaan menimpa sebuah mobil ELF yang tertabrak Kereta Api Probowangi dengan relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya di perlintasan kereta tanpa palang pintu di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulisnya mengatakan, mobil ELF yang tertabrak kereta api Probowangi itu terjadi pada Minggu, 19 November 2023 sekitar pukul 19:53 WIB malam.

“Kami ikut berduka cita dan menyesalkan kejadian kecelakaan lalu lintas antara mobil ELF dengan KA 266 Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Stasiun Klakah pukul 19:53 WIB,” tulisnya.

Didiek mengatakan, akibat insiden kecelakaan kereta api Probowangi dan mobil tersebut mengakibatkan 11 orang meninggal dunia. Adapun korban jiwa itu seluruhnya merupakan penumpang mobil ELF dan para penumpang kereta dalam keadaan selamat.

Baca Juga: Jadwal Sholat di Wilayah Kabupaten Kuningan dan Sekitarnya Hari ini: Senin 20 November 2023

“Akibat kejadian ini, KA Probowangi mengalami keterlambatan 13 menit karena harus berhenti di perlintasan tempat lokasi kejadian tersebut,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, kereta api sudah memiliki jalur tersendiri dan tidak dapat berhenti secara tiba-tiba. Maka dari itu, pengguna jalan harus mendahulukan KA.

Seluruh pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api saat melalui perlintasan sebidang.

“Hal tersebut sesuai UU 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkuta Jalan Pasal 114,” Tambahnya.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah