Update Kecelakaan Kereta di Bandung: KNKT Kumpulkan Data dan Keterangan Saksi, Investigasi Berlangsung 4 Hari

- 5 Januari 2024, 14:51 WIB
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan investigasi atas kecelakaan kereta api Turangga dengan commuter line Bandung Raya yang terjadi pada Jumat pagi, 5 Januari 2024.
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan investigasi atas kecelakaan kereta api Turangga dengan commuter line Bandung Raya yang terjadi pada Jumat pagi, 5 Januari 2024. /KNKT/

PR KUNINGAN — Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kini tengah melakukan pengumpulan data dan keterangan saksi guna mengetahui faktor penyebab kecelakaan kereta api di wilayah Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat 5 Januari 2024, pagi tadi.

“Kami sedang melakukan pengumpulan data dan informasi faktual, termasuk keterangan para saksi sambil mengunggu hasil investigasi dari teman-teman investigator di lapngan,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

Maka dari itu, kata Soerjanto, pihak KNKT hingga saat ini belum bisa memberikan keterangan terkait penyebab terjadinya kecelakaan kereta yang melibatkan KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya pagi tadi.

“Kami akan melakukan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kejadian kecelakaan serta melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait,” tambahnya.

Baca Juga: Link Live Streaming Indonesia vs Libya Leg 2 Timnas Dipermak 4-0 Jelang Piala Asia 2023 Apa Kata Shin Tae-yong

Diketahui sebelumnya, insiden kecelakaan kereta api yang melibatkan KA Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya terjadi sekitar pukul 06:30 WIB pagi tadi di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka.

Dalam upaya melakukan penyelidikan lebih lanjut, pihak KNKT telah menurunkan tim investigasi ke lokasi kejadian kecelakaan kereta api yang terdiri Gsunaedi Rachmanas (IIC), Aditya W.S Yudisthira dan Yogi Arisandi (anggota), serta Agus Marson (tenaga ahli).

Rencananya, kegiatan investiga penyebab kecelakaan kereta oleh KNKT akan berlangsung selama 4 hari yakni mulai 5-8 Januari 2024.

Baca Juga: Imbas Kecelakaan Kereta di Bandung, Tiga Perjalanan Kereta Api Tujuan Surabaya Terlambat

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah