Gempa Bumi Taiwan Dikatakan Sebagai yang Paling Kuat Dalam 25 Tahun Terakhir, Memakan 7 Orang Korban

- 3 April 2024, 16:03 WIB
Gempa Bumi Taiwan Dikatakan Sebagai yang Paling Kuat Dalam 25 Tahun Terakhir, Memakan 7 Orang Korban
Gempa Bumi Taiwan Dikatakan Sebagai yang Paling Kuat Dalam 25 Tahun Terakhir, Memakan 7 Orang Korban //Reuters/HO Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan

PR KUNINGAN — Bencana alam gempa bumi dengan kekuatan 7,2 skala richter telah melanda negara Taiwan pagi hari Rabu 3 April 2024. Dilaporkan Gempa Taiwan tersebut menjadi yang paling kuat selama 25 tahun terakhir.

Bencana gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di Taiwan dalam 25 tahun itu menewaskan tujuh orang, melukai lebih dari 700 orang, dan 77 orang terperangkap di terowongan dan struktur runtuh. Untuk membantu beberapa orang turun ke tempat yang aman, tim penyelamat menggunakan tangga.

Banyak Televisi menampilkan gambar bangunan yang miring pada sudut berbahaya di wilayah pegunungan Hualien bagian timur yang tidak banyak orang tinggal di sana. Sekitar pukul 08.00 waktu setempat, gempa berkekuatan 7,2 skala richter terjadi di lepas pantai.

Baca Juga: Joker 2: Poster Elegan Joaquin Phoenix dan Lady Gaga Berpose Menari, Tanggal Rilis Trailer Film Terungkap

Gempa Taiwan tersebut terjadi pada kedalaman 15,5 km (9,6 mil) pada saat orang pergi ke pekerjaan dan sekolah, memberikan peringatan tsunami untuk bagian selatan Jepang dan Filipina, yang kemudian dicabut.

Tim penyelamat menggunakan tangga untuk membantu orang yang terperangkap. Di tempat lain, tanah longsor besar terjadi di Taipei akibat gempa bumi yang kuat, yang menyebabkan sistem kereta bawah tanah ditutup untuk waktu yang singkat, tetapi sebagian besar jalur kembali beroperasi.

Sekitar 60 dari sekitar 77 orang yang terjebak terjebak di sebuah terowongan di utara Hualien, menurut petugas pemadam kebakaran; dua orang Jerman termasuk di antara mereka yang terjebak di terowongan lain.

Baca Juga: Persija Jakarta Kena Embargo FIFA, Bersama 4 Klub Liga Indonesia Lainnya Dilarang Transfer Pemain 3 Periode

Gempa Taiwan Paling Kuat Selama 25 Tahun Terakhir

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, gempa bumi yang berkekuatan 7,4 skala Richter yang melanda Taiwan pada hari Rabu merupakan gempa terkuat yang melanda pulau itu dalam waktu sekitar 25 tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x