Gerhana Matahari 8 April 2024, Benarkah Akan Terjadi Ledakan Tata Surya?

- 7 April 2024, 21:56 WIB
Gerhana matahari diprediksi bakal terjadi pada akhir bulan Ramadan 1445 H/ 2024
Gerhana matahari diprediksi bakal terjadi pada akhir bulan Ramadan 1445 H/ 2024 /PR Kuningan/

PR KUNINGAN — Sebagaimana diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwasannya prediksi bakal terjadi Gerhana Matahari 8 April 2024.

Menurut BMKG, beberapa fenomena alam di periode ini unik. karena akan ada ledakan matahari bersamaan dengan Gerhana Matahari Total pada Senin, 8 April 2024.

Hal ini juga memicu badai magnet bumi. Badai ini akan sangat terasa di daerah di lintang tinggi, seperti Kutub Utara dan Kutub Selatan, tetapi Indonesia relatif aman.

Menurut Hendra Suwarta Suprihatin selaku Koordinator Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Minggu 7 April 2024, mengatakan, "dampak dari ledakan matahari berupa badai magnet bumi ini relatif aman untuk wilayah Indonesia yang berada pada lintang rendah, karena perisai bumi dari pengaruh radiasi partikel angin matahari (magnetosfer bumi)."

Selain itu, karena bulan melintas di antara matahari dan bumi, seluruh permukaan matahari tertutup dan tidak terlihat dari bumi, fenomena Gerhana Matahari Total ini akan membuat langit tampak gelap seperti sore hari.

Baca Juga: Jadwal Tayang dan Link Nonton Drama Queen of Tears Episode 10 Sub Indo, Sekuel Kemelut Hubungan Baek Hyun Woo

Dimanakah Lokasi Gerhana Matahari 8 April 2024?

Saat ini, hanya Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada yang dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total. Karena Indonesia berada di sisi gelap bumi atau malam hari saat gerhana terjadi, fenomena alam ini tidak akan terlihat di sana.

Menurut National Center for Atmospheric Research (NACR), ledakan akan muncul di langit. Saat peristiwa itu terjadi, bulan menghalangi pemandangan matahari dari bumi, menyisakan sisi tepi.

Tiga area ini dapat melihat tepian plasma matahari yang tampak meledak di sisi tepi ini.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x