10 Miliar Rupiah Kerugian Diderita Pabrik Rotan PT Indigo Sejahtera Mandiri Cirebon Akibat Kebakaran Dahsyat

- 22 April 2024, 21:27 WIB
Pabrik rotan PT Indigo Sejahtera Mandiri yang berlokasi di jalan Yudhistira, Desa Karang Asem, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, mengalami kerugian mencapai Rp10 miliar akibat musibah kebakaran dahsyat, Senin 22 April 2024.*
Pabrik rotan PT Indigo Sejahtera Mandiri yang berlokasi di jalan Yudhistira, Desa Karang Asem, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, mengalami kerugian mencapai Rp10 miliar akibat musibah kebakaran dahsyat, Senin 22 April 2024.* /Pikiran Rakyat Kuningan / Erix Exvrayanto/Damkar Cirebon

PR KUNINGAN — Pabrik rotan PT Indigo Sejahtera Mandiri yang berlokasi di jalan Yudhistira, Desa Karang Asem, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, mengalami kerugian mencapai Rp10 miliar akibat musibah kebakaran dahsyat, Senin 22 April 2024.

General Manager PT Indigo Sejahtera Mandiri, Herry Dasa mengatakan, bahwa sumber api berasal dari ruangan dimana tempat furniture yang sudah dikemas dan siap dikirim ke negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Api menyala berkobar menjalar bagian ruangan lain hingga terjadi kebakaran dahsyat.

Akibatnya, 10 kontainer siap mengirim furniture kualitas ekspor tersebut gagal berangkat bahkan terbakar, dan menyebabkan kerugian sebesar miliaran rupiah.

Baca Juga: DMI Kota Cirebon Gelar Halal Bihalal Bersama Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid se-Kota Wali

Herry menyatakan pada Senin, 22 April 2024, bahwa hanya barang furniture yang mengalami kerugian sekitar Rp2,5 miliar hingga Rp2,7 miliar, dan kerugian ini tidak termasuk bangunan, kendaraan, atau alat-alat lainnya.

Waktu kejadian kebakaran dahsyat di pabrik rotan PT Indigo Sejahtera Mandiri, Kabupaten Cirebon ini pukul 00.40 WIB.

Tidak ada korban tewas dalam insiden tersebut, tetapi seluruh bangunan, termasuk mobil dan barang siap ekspor yang terletak di sepuluh kontener gudang, terbakar.

Baca Juga: Wanita Asal Selajambe Kuningan Ditemukan Tewas Dekat Rel, Tubuhnya Hancur Diduga Kecelakaan Tertabrak Kereta

Hasil identifikasi kejadian disampaikan Eno Sujana selaku Kadis Pemadaman Kebakaran Penyelamatan dan Sarana Prasarana (PPSP) Dinas Pemadaman Kebakaran Penyelamatan Kabupaten Cirebon, bahwa petugas membutuhkan waktu empat jam untuk memadamkan api yang membakar pabrik rotan. Kemudian didinginkan selama dua jam.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Dinas Pemadam Kebakaran


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x