10 Objek Wisata Kuningan Paling Banyak Dikunjungi Pelancong, Nomor 1 Disukai Artis Sampai Ridwan Kamil

- 4 Oktober 2023, 16:06 WIB
Situ Cicerem Telaga Biru di Desa Kaduela, Kec. Pasawahan, menjadi objek wisata paling viral banyak dikunjungi wisatawan, berdasar data Disporapar Kuningan periode Januari 2023 s.d. Juni 2023.*
Situ Cicerem Telaga Biru di Desa Kaduela, Kec. Pasawahan, menjadi objek wisata paling viral banyak dikunjungi wisatawan, berdasar data Disporapar Kuningan periode Januari 2023 s.d. Juni 2023.* /Erix Exvrayanto

PR KUNINGAN — Kabupaten Kuningan semakin memikat para pelancong hingga terpana akan pesona pariwisata yang menghiasi kabupaten berjuluk ‘Kota Kuda’. Bahkan ada objek wisata yang memikat mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga artis-artis Indonesia.

Apalagi terkini, Kabupaten Kuningan kian hari terus berdandan mempercantik tata ruang wilayahnya, banyak dibangun akses jalan. Pun, ada rencana pemerintah membangun jalan Tol Kuningan yang menghubungkan dengan Kabupaten Cirebon.

Baca Juga: Kuningan Caang Senilai Rp117,5 Miliar tak Bermanfaat?!?

Geliat pariwisata yang mempesona hingga banyak wisatawan dari luar daerah sampai luar negeri berbondong-bondong datang untuk menikmati keindahan panorama alam Kuningan, hal ini sebagaimana buah kesuksesan dalam pembangunan destinasi wisata yang menjadi daya tarik utama atau core bussiness dari industri pariwisata.

Gagahnya Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, menambah daya tarik bagi pelancon yang menyukai objek wisata alam. Didukung pula dengan potensi sumber daya alam, seperti lahan yang cocok untuk dijadikan areal tanaman pangan dan holtikultura, peternakan, perikanan, kehutanan, perkebunan, pengairan, sumber mata air, panas bumi, kawasan Gunung Tilu, dan Kebun Raya Kuningan.

Berdasar data Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata setempat, di Kabupaten Kuningan tercatat ada 57 objek wisata unggulan. Adapun dari catatan Bidang Promosi Disporapar, berikut adalah 10 objek wisata yang paling banyak dikunjungi pelancong—periode Januari 2023 sampai dengan Juni 2023:

Baca Juga: WOW Elon Carlan Kepala Disnaker Kuningan Tahun Ini Ditarget Salurkan 5000 Tenaga Kerja Lampaui Target 3000 TK

  1. Buper Palutungan

Buper Palutugan merupakan objek wisata pertama berdiri di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, dengan destinasi bumi perkemahan.

Di Buper Palutungan, Anda dapat menikmati udara sejuk dari pegunungan serta melihat Curug Putri yang indah dan syahdu. Dalam beberapa sudut pandang, jika kita menggunakan teknik long exposure, curug ini akan terlihat seperti putri yang mengenakan gaun.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah