Info Gempa Sumedang di Malam Tahun Baru 2024: Puluhan Rumah Rusak, Ratusan Pasien RSUD Dievakuasi

- 1 Januari 2024, 09:34 WIB
Info Gempa Sumedang di Malam Tahun Baru 2024: Puluhan Rumah Rusak, Ratusan Pasien RSUD Dievakuasi.*
Info Gempa Sumedang di Malam Tahun Baru 2024: Puluhan Rumah Rusak, Ratusan Pasien RSUD Dievakuasi.* /kabar-sumedang.com/

PR KUNINGAN — Disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Herman Suryatman, Minggu 31 Desember 2023 pukul 20.34 WIB atau pada malam Tahun Baru 2024, gempa bumi terjadi berkekuatan magnitudo (M) 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, hingga menyebabkan kerusakan pada puluhan rumah.

Pj Bupati Sumedang mengatakan bahwa wilayah yang paling parah terkena dampak gempa tersebar di beberapa tempat, seperti Babakan Hurip, Tegalsari, dan Cipameungpeuk.

Baca Juga: Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Retak, Hati-hati Melintasi Wilayah Sumedang Hari ini

Di Sumedang, Senin 1 Januari 2024 dini hari WIB, Herman Suryatman menuturkan beberapa rumah di Tegalsari dan Cipameungpeuk terkena dampak retak, sedangkan 53 rumah di Babakan Hurip.

Disebutkan pihaknya telah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang untuk mendirikan tenda sementara untuk warga yang rumahnya rusak akibat bencana gempa bumi tersebut.

Baca Juga: Pecah Ratusan Ribu Orang Banjiri Kawasan Monas Saat Perayaan Malam Tahun Baru 2024

“Kami mengevakuasi warga yang rumahnya retak dan kami sudah bangun beberapa tenda yang kami tempatkan di tenda tersebut hingga petugas melakukan evaluasi,” katanya.

Menurut Pj Bupati Sumedang, gempa bumi yang terjadi di wilayahnya tidak mengakibatkan korban jiwa, tetapi membuat tiga orang luka-luka.

Mengenai kondisi pasien di RSUD Sumedang, Herman Suryatman mengatakan pihaknya telah mengevakuasi semua pasien ke luar gedung karena ada struktur yang retak berpotensi dapat membahayakan jika terjadi gempa susulan.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: BPBD


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x