Jagad Sepakbola Dunia Berduka, Legenda Hidup Jerman Franz Beckenbauer Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun

- 9 Januari 2024, 01:47 WIB
Legenda sepakbola Jerman Franz Beckenbauer/  Ina Fassbender/Pool via REUTERS/File Photo
Legenda sepakbola Jerman Franz Beckenbauer/ Ina Fassbender/Pool via REUTERS/File Photo /Ina Fassbende/File Photo

 

PR KUNINGAN — Kabar menegejutkan datang dari jagad sepakbola dunia, salah satu mantan pemain terbaik dunia yakni Franz Beckenbaur meninggal dunia di usia 78 tahun.

Dilansir dari Reuters, kapten timnas yang pernah mencicipi trofi piala dunia pada tahun 1974 bersama Jerman, menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu 7 Januari 2024 yang di sampaikan oleh pihak keluarga pada hari Senin.

Bermain untuk Bayern Muni dan Jerman Barat pada tahun 1960an dan 70an, Beckenbauer adalah pemain yang sangat baik dan sangat dominan di lapangan. Dia menggunakan ketenangan dalam mengolah si kulit bundar dan distribusi yang mudah, yang menandai penampilan lini tengahnya, untuk menciptakan peran penyapu pertahanan tengah di mana ia paling sukses.

Baca Juga: H2H Wigan vs MU hingga Prediksi Susunan Pemain Piala FA: Peluang Manchester United Raih Trofi?

Dia bermain untuk Jerman Barat dengan total 103 pertandingan, memenangkan kejuaraan Eropa tahun 1972, dan kemudian hampir menjadi juara Piala Dunia di kandang sendiri setelah dikalahkan Inggris di final pada tahun 1966.

Selama pertengahan tahun 1970an, tim Bayern Munich yang dia pimpin adalah tim terbaik di dunia, mereka memenangkan tiga Piala Eropa dan tiga gelar Bundesliga berturut-turut, dan Beckenbauer sendiri dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa dua kali.

Tak hanya itu, Beckenbauer juga turut dinobatkan sebagai pemain terbaik Jerman empat kali: pada 1966, 1968, 1974, dan 1976. Dia juga sukses meraih trofi bergengsi pemain terbaik Ballon d'Or dua kali tepatnya pada tahun 1972 dan 1976.

Baca Juga: Nasib Nahas, Seorang Ibu Rumah Tangga Meninggal Terperosok ke Dalam Septic Tank saat Sedang Masak Mie Instan

Pemain yang dikenal dengan julukan ‘Der Kaiser’itu tidak hanya sukses sebagai pemain, tetapi ia juga berhasil sebagai pelatih. Legenda hidup sepak bola Jerman itu memimpin Tim Panser saat memboyong di Piala Dunia pada tahun 1990.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah