Indonesia jadi Juara 3 di Ajang MTQ Internasional ke-40 di Iran

- 25 Februari 2024, 12:00 WIB
, Nuriah Jurian Arga Asal Kalimantan Selatan sukses merebut juara ketiga di ajang MTQ Internasional yang berlangsung di Iran.*
, Nuriah Jurian Arga Asal Kalimantan Selatan sukses merebut juara ketiga di ajang MTQ Internasional yang berlangsung di Iran.* /Foto: Kemenag.go.id

PR KUNINGAN  — Torehan hasil membanggakan baru saja diraih oleh perwakilan asal Indonesia yang bertanding di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di tingkat Internasional.

Bagaimana tidak, Nuriah Jurian Arga yang berasal dari Kalimantan Selatan yang mewakili Indonesia di ajang MTQ Internasional ke-40 yang berlangsung di iran, sukses menyabet gelar juara ke-3.

Dengan raihan gelar juara ketiga di ajang MTQ Internasional ke-40, Nuriah pun mendapat apresiasi dari beragam pihak tak terkecuali dari pihak Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Melalui Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabah Al-Quran dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty pun mengaku bersyukur, apalagi mengingat kompetisi MTQ Internasional ke-40 di Teheran, Iran itu adalah gelarang yang sangat bergengsi.

Baca Juga: Anda Penerima Bansos? Simak ini Cara Cek Saldo BLT, BPNT dan PKH 2024

"Direktorat Penerangan Agama Islam menyambut bahagia, bangga atas prestasi yang diraih anak kita, Nuriah pada MTQ Internasional ke-49 di Iran. Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi kita, karena kita tahun MTQ Internasional di Iran adalah gelarang yang sangat kompetitif dan sudah berjalan cukup lama,” tuturnya pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Guna sampai ke negeri para mullah, sejumlah tahapan berat pun harus dilalui Nuriah sebagai wakil asal Indonesia. Bagaimana tidak, Nuriah harus menjalani babak penyisihan yang berlangsung secara dari sejak bulan September dan Desember 2023 lalu, hingga puncaknya yakni babak final yang berlangsung secara luring di Teheran, Iran.

Rijal menambahkan, pihaknya dalam hal ini Lembaga Pengembangan Tilawatil Qu’ran (LPTQ) Nasional memiliki penilaian dengan melihat siapa kompetitor dan kecenderungan penilaian.

Menurutnya, sosok Nuriah memiliki kriteria dan standarisasi tersebut, hal itu turut diperkuat dengan predikat juara MTQ Nasional 2022 yang pernah ditorehkannya.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x