Wilayah ini Bakal jadi Percontohan Progam Makan Siang Gratis, Sasaran Siswa SD dan SMP

- 1 Maret 2024, 10:47 WIB
Seorang siswi menunjukan menu makan saat simulasi penerapan program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis 29 Februari 2024/ANTARA/Azmi Samsul Maarif/aa.
Seorang siswi menunjukan menu makan saat simulasi penerapan program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis 29 Februari 2024/ANTARA/Azmi Samsul Maarif/aa. /

PR KUNINGAN  — Pemerintah dijadwalkan bakal menggelar uji coba program makan siang gratis di daerah tertentu dengan sasaran para siswa-siswi untuk tingkat SD dan SMP di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koodinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto.

Adapun wilayah yang bakal menjadi percontohan atau pilot project untuk program makan siang gratis yakni Kabupaten Tanggerang, Provinsi Banten.

“Dari Pak Penjabat (Pj) Bupati Tanggerang menyiapkan tiga tipe sekolah di sini untuk program makan siang gratis ini, seperti yang di perkotaan, pedesaan dan pesisir. Jadi ini representasi untuk daerah lain di Indonesia,” ujar Airlangga.

Adapun alasan dipilihnya Kabupaten Tanggerang sebagai wilayah percontohan untuk program Makan Siang Gratis ini, kata Airlangga, karena wilayah itu memiliki tipologi sekolah yang berbeda-beda seperti ada di perkotaan, pedesaan dan pesisir.

Baca Juga: 4 Kali Langgar Kode Etik Ketua KPU tak Dipecat? Pengamat: Hasyim Asy’ari Kebal Sakti Mandraguna

Hal itu membuat wilayah Tanggerang dirasa sangat cocok untuk lokasi percontohan makan siang gratis dan nantinya bisa diterpakan di daerah lainnya.

Bermanfaat bagi UMKM

Sementara itu, Airlangga juga menyebut bahwa kehadiran program makan siang gratis sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM, salah satunya guna menyediakan makanan bergizi untuk anak-anak.

“Ketahanan pangan lokal penting dan jadi asupan di lokal, jangan sampia kita tidak support ini. saya senang dari Kantor Menko ingin kerja sama dengan Kabupaten Tanggerang,” tuturnya.

Tidak hanya menguntungkan pelaku UMKM, kehadiran program makan siang gratis juga dapat memenuhi asupan gizi anak menjadi seimbang, sehingga dapat mencegah dan menekan angka kasus stunting di Indonesia.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah