Inilah 6 Tanda Seseorang Mendapat Malam Lailatul Qadar

- 30 Maret 2024, 10:00 WIB
Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dalam agama Islam
Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dalam agama Islam /Foto : istimewa

PR Kuningan - Lailatulqadar atau Lailat Al-Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Quran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surah Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur'an.

Malam lailatul qadar hanya terjadi di bulan ramadhan dan diyakini lebih baik daripada seribu bulan. Malam ini dianggap sebagai waktu di mana segala urusan dan ketentuan untuk tahun yang akan datang ditetapkan. Oleh karena itu, umat Muslim menghabiskan malamnya dengan memperbanyak ibadah dan memanjatkan doa.

Baca Juga: Ternyata Inilah Alasan Pinjaman Anda Ditolak Pihak Bank, Cek Syarat Pinjaman KUR BRI 2024 

Dalam Al Quran disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1.000 bulan atau, jika dihitung malam ini lebih baik dari 82-83 tahun.
Meskipun kepastian kapan turunnya malam Lailatul Qadar tidak ada yang bisa memastikannya, para ulama sudah berusaha memprediksikan kapan terjadinya

Sebenarnya, tidak disebutkan secara jelas dan pasti mengenai siapa yang mendapatkan Lailatul Qadar. Akan tetapi, terdapat hal-hal yang menjadi pertanda bahwa seseorang mendapatkan malam Lailatul Qadar.
Baca Juga: Simak Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Bulan April, Lengkap dengan Libur Lebaran dan Cuti Bersama

Dirangkum dari buku Sukses Berburu Lailatul Qadar (2015) dan sumber lainnya, berikut tanda - tanda seseorang mendapat Lailatul Qadar.

1. Khusuk dalam beribadah
Ciri orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar, biasanya yang bersangkutan senantiasa melakukan kebaikan karena adanya bimbingan malaikat.

Mereka juga dapat merasakan kenikmatan dalam beribadah sehingga semakin khusyuk.

2. Terdapat perubahan diri menjadi lebih baik
Laitaul Qadar menjadikan seorang berubah menjadi lebih baik terutama hubungannya dengan Allah Swt maupun dengan sesama manusia.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Diprediksi H-2 Idul Fitri ada, 6,6 Juta Masyarakat Pulang Kampung

3. Dikabulkan doanya yang dipanjatkan
Orang yang mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar Insya Allah akan dikabulkan segala doa-doa yang dipanjatkannya.

4. Selalu ingin berbuat kebaikan
Lailatul Qadar menjadikan hati seseorang yang mendapatkannya selalu damai, tenteram sehingga mengantar pemiliknya menemukan kebaikan.

"Tidak ada pertanda berarti yang membedakan malam tersebut dengan yang lainnya serta tidak tergantung pada amalan dan tanda-tanda yang mengikat." (Imam At Thabari)

5. Hati merasa damai dan tenteram
Seseorang yang beruntung mendapat keberkahan Lailatul Qadar, hatinya akan merasa tenteram, damai, dan penuh kekhusyukan dalam beribadah kepada Allah SWT. Perasaan ini merupakan anugerah dari Allah SWT.

Halaman:

Editor: Iwan Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah