Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo, Viral Erick Thohir dan Yusril Ihza Mahendra Urus Surat tak Pernah Dipidana?

- 18 Oktober 2023, 15:57 WIB
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menerbitkan Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana, atas nama Erick Thohir.
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menerbitkan Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana, atas nama Erick Thohir. /Istimewa

PR KUNINGAN — Pasca Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menetapkan Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo untuk pemilihan presiden (Pilpres 2024), mendadak beredar viral unggahan foto Menteri BUMN Erick Thohir juga Ketum PBB (Partai Bulan Bintang) Yusril Ihza Mahendra mengurus surat tak pernah dipidana.

Erick Thohir yang digadang-gadang sebagai calon wakil presiden (Cawapres) untuk Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang adalah Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Pun, Yusril Ihza Mahendra pun tergabung di dalamnya.

Diketahui dari informasi yang dihimpun, Erick Thohir baru-baru ini mengajukan surat keterangan yang tidak pernah dipindana ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), yang disinyalir surat tersebut untuk memenuhi persyaratan sebagai Cawapres.

Baca Juga: Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo Resmi Diumumkan Megawati Soekarnoputri, Baca Ini Profilnya

Di dalam surat yang dikeluarkan PN Jaksel pada Senin, 16 Oktober 2023, disebutkan, "Berdasarkan hasil pemeriksaan Register Induk Pidana, menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak sedang, tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap."

Selanjutnya, disebutkan bahwa "Surat Keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagai bukti pemenuhan syarat Calon Wakil Presiden Republik Indonesia." Akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya jika terdapat kekeliruan dalam Surat Keterangan ini di kemudian hari.

Baca Juga: Isu 2 Nama Kandidat Pj Bupati Kuningan Pengganti Acep Purnama, Pengamat: Kuningan Sedang Tidak Baik-baik Saja!

Meskipun belum ada informasi resmi dari partai, diperkirakan Ketua PSSI akan menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Mengingat namanya sering muncul di bursa cawapres dan menempati posisi teratas di setiap survei, seperti yang terlihat dalam survei yang dirilis pada Kamis, 12 Oktober 2023, di mana terdapat nama-nama yang diduga akan mendampingi Prabowo Subianto.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x