Presiden Jokowi Lakukan ‘Groundbreaking’ Pembangunan Bandara IKN, Tahun Depan Targetkan Beroperasi Penuh

- 1 November 2023, 12:44 WIB
Presiden Joko Widodo saat meninjau sejumlah proyek infrasruktur di Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Panajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur*
Presiden Joko Widodo saat meninjau sejumlah proyek infrasruktur di Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Panajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur* /BPMI Setpres/

PR KUNINGAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada pembangunan Bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu, 1 November 2023.

Presiden Jokowi menargetkan, Bandara IKN bakal bisa beroperasi penuh pada akhir tahun 2024 mendatang.

“Hari ini kita segera akan melakukan ‘groundbreaking’ pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditargetkan akan beroperasi penuh pada Desember 2024,” ucap Presiden Jokowi saat melakukan peletakkan batu pertama bandar udara IKN.

Presiden Jokowi menambahkan, pihaknya menargetkan pembangunan Bandara IKN bakal selesai dan dapat digunakan mulai Juni 2024, sementara untuk mulai resmi beroperasinya pada bulan Desember 2024 mendatang.

Baca Juga: BRI Liga 1 Madura United vs Persib Hari Ini: Statistik, Head to Head dan Link Live Streaming

Kehadiran Bandara IKN, kata Jokowi, tentu sangat penting seiring dengan padatnya kegiatan dan mobilitas masyarakat dan barang di ibukota baru tersebut.

Menurut Jokowi, Bandara IKN dibangun khsus untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintah dan mendukung konektivitas di IKN.

Bangunan Bandara IKN sendiri berdiri di atas lahan seluas 347 hektare dan memiliki panjang lintasan (runway) 3.000 x 45 meter. Dengan lintasan yang panjang itu, bandara dapat melayani pesawat dengan badan yang lebar (wide body).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Bandara IKN juga dilengkapi terminal yang memiliki las 7.530 meter persegi, sehingga penumpang dapat terlayani dengan nyaman dan baik.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x