Oknum Dosen UPN Veteran Yogyakarta Diduga Lakukan Kekerasan Seksual ke Mahasiswi saat Bimbingan Skripsi

- 12 Mei 2024, 14:37 WIB
Dosen UPN Veteran Yogyakarta Lecehkan Mahasiswi, Kini Dicopot dari Jabatannya
Dosen UPN Veteran Yogyakarta Lecehkan Mahasiswi, Kini Dicopot dari Jabatannya /UPN Veteran Yogyakarta/

PR KUNINGAN - Seorang oknum dosen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, diduga melakukan tindakan kekerasan seksual terhadap seorang mahasiswi.

Kasus pelecehan seksual diduga dilakukan oknum dosen UPN Veteran Yogyakarta saat sang mahasiswi melaksanakan bimbingan skripsi pada 11 Januari 2023 lalu.

Mencuatnya kasus pelecehan seksual di salah satu kampus negeri ternama di Yogyakarta tersebut, turut mendapat sorotan tajam dari pemerintah pusat.

Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) sampai-sampai turun langsung dan memastikan bakal melalui pendampingan terhadap korban oknum dosen cabul.

Baca Juga: Jadwal Bioskop CSB XXI Hari Ini Minggu 12 Mei 2024 Lengkap dengan Harga Tiket, Ada VINA Sebelum 7 Hari

"KemenPPPA melalui tim layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) telah berkoordinasi dengan Balai PPA Yogyakarta untuk melakukan pendampingan kepada korban," ujar Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan KemenPPPA, Ratna Susianawati pada Minggu, 12 Mei 2024.

Ratna menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mengawal kasus kekerasan seksual di UPN Veteran Yogyakarta dan kini ditangani oleh Satgas KPPS dikampus tersebut.

"Kasus kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi bukanlah yang pertama kali terjadi dan modus pun berbeda-beda. Tentunya kita harus mengambil langkah cepat untuk mencegah kasus ini terulang kembali," ucapnya dikutip dari Antara.

Ratna menegaskan, perguruan tinggi seharusnya menjadi ujung tombak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah