Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Waspada Kenaikan Harga Minyak Global Dampak Perang Hamas Palestina vs Israel

- 31 Oktober 2023, 08:41 WIB
Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Waspada Kenaikan Harga Minyak Global Dampak Perang Hamas Palestina vs Israel.*
Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Waspada Kenaikan Harga Minyak Global Dampak Perang Hamas Palestina vs Israel.* /Sumber foto Instagram@jokowi/

PR KUNINGAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pejabat kepala daerah di seluruh Indonesia untuk mewaspadai kenaikan harga minyak global sebagaimana dampak perang berkepanjangan Hamas Palestina vs Israel.

Kendati konflik di Gaza berada jauh, namun Presiden Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia harus tetap berhati-hati karena konflik dapat melibatkan negara Lebanon, Suriah, hingga Iran.

"Semua (negara) masuk ingin saling membantu, yang terjadi adalah kenaikan harga minyak. Ini yang mengakibatkan semua negara akan pusing," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Senin 30 Oktober 2023, ketika memberikan pengarahan kepada para penjabat kepala daerah dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Undang Tiga Capres Makan Siang Bersama, PDIP Buka Suara: Harus Diapresiasi

"Alhamdullilah, kenaikan (harga minyak mentah) Brent tidak begitu tinggi sampai saat ini karena memang eskalasi yang tidak meluas (konfliknya) masih di Gaza," imbuhnya.

Kepala Negara juga menyoroti perang Rusia vs Ukraina, yang mengganggu pasokan pangan global, selain pertempuran di Gaza.

Presiden Jokowi mencatat bahwa, selama pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kiev dan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow tahun lalu, perang telah menghentikan pengiriman 207 juta ton gandum dari kedua negara tersebut.

Baca Juga: Genggaman Gawai Pintar Telaga Biru Viral, Transformasi Kaduela Berdaya Sejahtera

Karena perang, harga gandum melonjak, dan beberapa negara telah mempersiapkan kekeringan.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Setpres


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x