Dihadapan Para Pemimpin BRICS, Presiden China Xi Jinping Dukung Palestina Merdeka dari Penjajah Israel

- 22 November 2023, 08:00 WIB
Potret Xi Jinping, Presiden China/Antara
Potret Xi Jinping, Presiden China/Antara /

PR KUNINGAN — Presiden China Xi Jinping menyuarakan dukungannya terhadap Palestina untuk merdeka dari segala bentuk penjajahan yang dilakukan oleh Israel hingga saat ini.

Hal tersebut disuarakan Xi Jinping saat rapat gabungan luar biasa dengan para pemimpin negara anggota BRICS diantaranya Brazil, Rusia, India dan Afrika Selatan, secara virtual guna membahas situasi di Gaza, Palestina.

Presiden China itu menyebut, bahwa akar masalah pecahnya konflik antara Palestina dan Israel beberapa waktu belakangan ini adalah adanya kenyataan bahwa pada dasarnya hak rakyat Palestina untuk bernegara, hak hidup, dan hak untuk kembali telah lama diabaikan.

Oleh karena itu, Xi Jinping mengatakan bahwa pembentukan negara Palestina yang merdeka menjadi jalan keluarnya.

Baca Juga: 5 Sepatu Brand Lokal Mendunia! Sneaker Canvas Local Pride Bergengsi Bisa Saingi Sepatu Produk Luar Negeri

“Saya telah menekankan dalam banyak kesempatan bahwa satu-satunya cara yang layak untuk memutus siklus konflik Palestina-Israel terletak pada solusi dua negara, pemulihan hak-hak nasional Palestina yang sah, dan pembentukan negara Palestina yang merdeka,” ujarnya.

Xi Jinping menegaskan bahwa tidak ada kata perdamaian dan keamanan yang berkelanjutan ti Timur Tengah dan solusinya yang adil adalah Palestina merdeka.

“China menyerukan diadakannya lebih awal konferensi perdamaian internasional untuk membangun konsesus internasional bagi perdamian dan berupaya mencapai solusi awal atas masalah Palestina yang komprehensif, adil dan berkelanjutan,” tambahnya dikutip dari ANTARA.

China Terus Suarakan Perdamaian dan Gencatan Senjata

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah