Presiden RI Tanggapi Pernyataan Mahfud Md yang Berencana Mundur dari Kabinet, Jokowi: Dia Berhak Mundur

- 24 Januari 2024, 15:11 WIB
Jokowi tanggapi Pernyataan Mahfud Md yang berencana mundur dari Kabinet Indonesia Maju
Jokowi tanggapi Pernyataan Mahfud Md yang berencana mundur dari Kabinet Indonesia Maju /Ranthi Apriliah/

PR KUNINGAN — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pernyataan Menko Polhukam Mohammad Mahfud Md yang menyatakan bahwa dia berniat mundur dari jajaran menteri cabinet Indonesia Maju.

Melansir dari Antara, Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan saat ditemui usai penyerahan Pesawat A-1344, Helikopter Fennec, dan Helikopter Panther Tahun 2024 di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu, “Ya itu hak (Pak Mahfud) dan saya sangat menghargai,” ujar Jokowi.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Mahfud Md adalah calon wakil presiden yang mendampingin Ganjar Pranowo sebagai Capresnya, dipastikan bakal mundur dari kursi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

Baca Juga: KPU Rilis DCT atau Daftar Caleg Dapil 3 Kuningan dari PKB, Partai Gerindra dan Partai Gelora di Pemilu 2024

Dalam diskusi Tabrak Prof di Semarang, Jawa Tengah, Selasa 23 Januari 2024 malam, Mahfud mengungkapkan maksudnya untuk keluar dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

“Saya merencakan pengunduran diri sebenarnya sudah lama ketika akan mulai debat pertama,” kata Mahfud Md.

Mahfud Md merasa bahwa dengan meninggalkan jabatan menteri, dia akan lebih leluasa untuk membuka dan mengungkapkan data kepada publik terkait kepentingannya sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Baca Juga: Piala Oscar 2024: Aktor Film Barbie Ryan Gosling Merasa Kecewa Atas Pengumuman Nominasinya, Mengapa?

Sebelum pernyataan Mahfud untuk berencana keluar dari kabinet, pada sesi penutup debat Cawapres 2024, Mahfud MD sempat mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kepercayaannya untuk menjabat sebagai Menkopolhukukam.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah