Belasan Anggota KPPS Jalani Perawatan di Rumah Sakit Pasca Pemilu 2024

- 18 Februari 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi Petugas KPPS bisamengalami kelelahan hingga stres./ PMJ news
Ilustrasi Petugas KPPS bisamengalami kelelahan hingga stres./ PMJ news /

PR KUNINGAN — Belasan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dikabarkan menjalani perawatan di rumah sakit pasca berlangsungnya pemungutan suara Pemilu 2024.

Laporan belasan anggota KPPS itu diungkap oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Dari data per 15 Februari 2024, total ada 13 KPPS yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit akibat gangguan kesehatan.

“Dari petugas KPPS yang mengakses layanan kesehatan hingga saat ini terdapat 13 orang sedang dirawat. Sementara untuk petugas non-KPPS terdapat empat orang yang sedang dirawat,” ujar Kepala Dinkes DKI Jakarta, Ani Rupitawati.

Ani menyebut, mayoritas penyakit yang dialami petugas KPPS di dominasi penyakit bawaan seperti hipertensi dan tekanan darah tinggi. Sementara penyakit ringan lainnya yakni batuk, pilek gangguan lambung hingga sakit kepala.

Baca Juga: Info CPNS 2024 dan PPPK: Ini Prediksi Daftar Jurusan Kuliah yang Punya Peluang Besar Lolos, Sudah Siap?

Dari paparan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada pelaksanaan Pemilu 2019 lalu, penyakit terbanyak yang dialami para petugas didominasi penyakit kronis seperti hipertensi atau diabetes.

Ani menambahkan, angka tersebut didapat oleh pihaknya dari pendataan pasien, baik itu petugas KPPS maupun non-KPPS.

Pendataan ini pun terintegrasi dengan sistem Pencatatan dan Pelaporan Penyelenggaraan Pemilu 2024 dari Kementerian Kesehatan (Aplikasi Data Fasyankes Online/DFO).

Baca Juga: Bakal Rilis Tahun ini, Toyota Hilux Rangga Siap Dukung Mobilitas Pelaku Usaha Tanah Air

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x