Kapan Malam Lailatul Qadar Datang, Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Malam Lebih Baik Dari Seribu Bulan

- 27 Maret 2024, 21:13 WIB
Kapan Malam Lailatul Qadar Datang, Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Malam Lebih Baik Dari Seribu Bulan
Kapan Malam Lailatul Qadar Datang, Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Malam Lebih Baik Dari Seribu Bulan /pixabay/chiplanay

PR KUNINGAN — Umat muslim sebentar lagi akan manyambut datangnya malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Berikut kami sajikan informasi mengenai kapan datangnya malam Lailatul Qadar, serta amalam apa saja yang bisa dilakukan ketika malam tersebut datang.

Lailatul Qadar, yang disebutkan berdasarkan petunjuk dalam Al-Quran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, sangat penting bagi umat Muslim karena pada malam itu diturunkannya Al-Quran, yang memberikan petunjuk bagi dunia dan seisinya.

Dalam agama Islam, Malam Lailatul Qadar, yang juga disebut sebagai Malam Kebesaran, Malam Kemuliaan, atau Malam Takdir, adalah malam yang jatuh pada bulan Ramadan. Dianggap lebih baik daripada seribu bulan, dan doa dan ibadah pada malam itu dianggap sangat diberkahi.

Baca Juga: Siksa Neraka Akan Segera Tayang di Netflix: Cek Disini Tanggal Rilis Film Horor yang Raih 2,6 Juta Penonton

Kapan malam Lailatul Qadar Datang?

Dipercaya bahwa malam Lailatul Qadar akan terjadi pada salah satu malam yang berbeda dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Namun, tanggal pastinya tidak diketahui. Dalam surah Al-Qadr (97:1-5) dalam Al-Qur'an, Allah SWT menggambarkan nilai malam ini sebagai berikut:

" Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Umat Islam melakukan berbagai amal kebajikan pada malam Lailatul Qadar, termasuk beribadah, berzikir, membaca Al-Qur'an, dan berdoa untuk meminta ampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Sejumlah besar orang juga melakukan sholat malam, atau qiyamul lail.

Baca Juga: Jadwal Persib vs Bhayangkara FC: Bojan Hodak Waspadai Permainan Radja Nainggolan Eks Pemain Serie A

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah selama sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, terutama pada malam-malam ganjil, dengan harapan dapat meraih malam Lailatul Qadar, meskipun tanggal pastinya tidak diketahui.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x