Logo HUT ke 79 RI Lengkap dengan Tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’

- 30 Juni 2024, 11:08 WIB
Logo HUT ke 79 RI Lengkap dengan Tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.
Logo HUT ke 79 RI Lengkap dengan Tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’. /ikiran Rakyat Kuningan/Ade Ardiansyah/Sekretariat Negara (Setneg)

PR KUNINGAN — Sebetar lagi seluruh masyarakat di Tanah Air akan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2024 atau HUT ke 79 RI. Tentunya ada logo dan tema yang sesuai peringatannya tahun ini.

Adapun tema HUT ke 79 RI adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju”, dipilihnya sebagai gambaran transisi yang sedang terjadi di tahun 2024, yakni pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) dan pergantian kepemimpinan bangsa.

Disampaikan Kepala Sekretariat Presiden RI, Heru Budi Hartono, pada Senin, 24 Juni 2024, “Sementara logo tahun ini dipilih adalah hasil karya Inggrid Wenas.”

Tentang logo HUT ke 79 RI rancangannya menyerupai angka ‘79’ dengan warna latar merah. Tampak tiga garis merah membentuk angka 7, kemudian tiga garis merah lainnya membentuk angka 9.

Pada ujung angka 7 menggambarkan paruh garuda sebagai perlambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan, Pancasila. Dimana menunjukan kekuatan negara.

Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas menjadi simbol harapan bangsa Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor dalam memenuhi misi Indonesia guna menggerakan roda perekonomian.

Baca Juga: Jumlah Tanggal Merah di Bulan Juli 2024 ada Berapa? Cek Cuti Berasama dan Hari libur Terbarunya

Kemudian lengkungan dari segala arah saling terhubung, merupakan simblol prinsip pembangunan berkelanjutan. Lalu, daun dan dahan pada angka 9 mempresentasikan prinsip pembangunan negara berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, serta selalu memperhatikan akar budaya dan identitas bangsa.

Pada kaki angka 7 dan 9 yang sama membentuk dua tangan menyatu, menjadi simbol persatuan Rakyat Indonesia, meskipun terdapat hal yang berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Setpres


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah