Negara-negara Eropa Mengakui Resmi Kemerdekaan Palestina, China Pinta Israel Hentikan Serangan di Rafah

- 29 Mei 2024, 14:20 WIB
Negara-negara Eropa Mengakui Resmi Kemerdekaan Palestina, China Pinta Israel Hentikan Serangan di Rafah.* (foto ilustrasi)
Negara-negara Eropa Mengakui Resmi Kemerdekaan Palestina, China Pinta Israel Hentikan Serangan di Rafah.* (foto ilustrasi) /PR Kuningan/YouTube Alfaidah

PR KUNINGAN — Negara-nagara Eropa seperti Norwegia, Irlandia, dan Spanyol secara resmi mengakui Palestina sebagai negara merdeka, pada Selasa 28 Mei 2024.

Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Eide, mengumumkan pengakuan kemerdekaan Palestina dalam sebuah pernyataan. Bahwa, ketika Norwegia secara resmi mengakui Palestina sebagai negara merdeka, merupakan tonggak sejarah dalam hubungan Norwegia-Palestina.

Menlu Espen Eide menambahkan, "Norwegia telah menjadi salah satu pendukung terkuat negara Palestina selama lebih dari 30 tahun."

“Keputusan Pemerintah hari ini mengesahkan pembentukan hubungan diplomatik penuh dengan Negara Palestina,” kata Micheal Martin, Menteri Luar Negeri Irlandia, pada platform X.

Martin menekankan bahwa pengakuan terhadap Palestina bukanlah akhir dari sebuah proses; ini adalah permulaan, dan dia menegaskan bahwa "program kerja sama pembangunan kami yang telah lama ada" adalah bagian penting dari proses tersebut.

Baca Juga: INNALILLAHI, Istri Habib Luthfi, Selasa Malam Syarifah Salma Meninggal Dunia

“Ini adalah keputusan bersejarah yang memiliki satu tujuan—untuk berkontribusi dalam mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina,” kata Pedro Sanchez, Perdana Menteri Spanyol.

Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares menyatakan, “Kami mengakui Palestina karena ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi.”

Selasa, Albares memberi tahu wartawan bahwa Spanyol, bersama dengan Norwegia dan Irlandia, akan memberikan "respons yang terkoordinasi, tenang, dan tegas" terhadap tindakan diplomatik Israel baru-baru ini terhadap Spanyol.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah