Anies Baswedan Satu-satunya Capres yang Hadiri Langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers

- 10 Februari 2024, 21:00 WIB
Anies Baswedan menjadi satu-satunya Capres yang menghadiri langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers yang digelar Dewan Pers malam ini, Sabtu 10 Februari 2024.* (tangkapan layar iNews TV)
Anies Baswedan menjadi satu-satunya Capres yang menghadiri langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers yang digelar Dewan Pers malam ini, Sabtu 10 Februari 2024.* (tangkapan layar iNews TV) /Pikiran Rakyat Kuningan / Erix Exvrayanto

PR KUNINGAN — Anies Baswedan menjadi satu-satunya Capres yang menghadiri langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers yang digelar Dewan Pers malam ini, Sabtu 10 Februari 2024.

Diketahui, Dewan Pers menggelar “Deklarasi Kemerdekaan Pers” merupakan bukti komitmennya sebagai Pilar ke-4 Demokrasi menyuarakan kebenaran dalam menjaga nilai dan prinsip demokrasi di Indonesia.

Sebelumnya, tiga calon presiden (Capres) dan wakil presiden (Cawapres) untuk Pemilu 2024 yang diundang menghadiri "Deklarasi Kemerdekaan Pers" di Hall Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta, telah menyatakan kesiapannya hadir.

Baca Juga: 25 Bus dan 30 Mobil Rombongan Massa Anies-Muhaimin dari Kuningan Ikuti Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah di JIS

Namun ternyata, hanya Anies Baswedan yang hadir, walau tak didampingi Cawapresnya Muhaimin Iskandar, tapi Anies datang bersama istrinya Fery Farhati.

Sedangkan yang lainnya, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka (Capres dan Cawapres nomor urut 2) tidak hadir. Dan, Ganjar Pranowo (Capres nomor urut 3), hadir secara virtual melalui sambungan aplikasi Zoom Meeting.

Baca Juga: Gelora Bung Karno Membludak Dipadati Massa Pendukung Prabowo-Gibran dari Segala Penjuru

Dikemukakan Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, bahwa Deklarasi Kemerdekaan Pers menguji komitmen tiga capres dan cawapres untuk mendukung kemerdekaan pers, yang telah ada sejak reformasi tahun 1998.

Dalam pidatonya, Anies Baswedan mengungkapkan fenomena media masa kini dimana gempuran disrupsi hingga masalah algoritma telah membuat dinamika media daring sangat berlomba cepat-cepatan dalam memuat berita.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x