Tingkatkan Keterampilan Menulis Fiksi, Puluhan Siswa SMA di Kota Yogyakarta ikut Pelatihan Webtoon

- 1 Juli 2024, 12:00 WIB
Puluhan Siswa SMA Muhammadiyah di Yogyakarta Pasca Mengikut Pelatih Webtoon yang Digelar oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Jogja
Puluhan Siswa SMA Muhammadiyah di Yogyakarta Pasca Mengikut Pelatih Webtoon yang Digelar oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Jogja /Ade Ardiansyah/Pikiran Rakyat Kuningan

PR KUNINGAN — Sebagai bagian dari komitmen dalam upaya pengembangan keterampilan literasi dan kreativitas terhadap generasi muda, Tim Pengabdian Masyarakat yang berisi Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, terus menghadirkan kegiatan yang inovatif dan berkelanjutan, dengan tetap mengikuti era kemajuan teknologi saat ini.

Terbaru, tim pengabdian masyarakat yang beranggotakan Fitri Merawati, M.A., Ratri Nur Hidayati, M.Pd., BI., dan Probosiwi, M.Sn., yang merupakan Dosen UAD Yogyakarta, sukses menggelar pelatihan Webtoon dengan menyasar pasa siswa di SMA.

Bertajuk, "Pelatihan Proyek Webtoon guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Fiksi bagi Siswa SMA di Kota Yogyakarta" suskes dilaksanakan dengan dihadiri para puluhan siswa SMA dan berlangsung Ruang Conference, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, pada tanggal 20 Maret 2024.

Dengan memperkenalkan aplikasi Webtoon yang telah dikenal sebagai plarform ekspresi cerita yang menarik dan cukup digandrungi kalangan muda saat ini, para siswa SMA di Yogyakarta itu diajak mengasah kemampuan dalam hal menulis fiksi.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Oppo Find X8 Beredar Luas, Bakal Andalkan Chipset MediaTek

Dengan mengacu pada modul pelatihan yang telah dirancang khusus, para peserta diajarkan bagaimana teknik cerita fiksi yang solid, pengembangan karakter, serta cara menggabungkan elemen visual dan naratif dalam format webtoon.

Salah satu anggota tim pengabdian Ratri Nur Hidayati, M.Pd., BI., yang turut serta dan beperang aktif dalam pelatih tersebut menilai, aplikasi Webtoon menjadi salah satu platform menarik karena menggabungkan literasi dan seni visual, sehingga bisa melatih kreativitas siswa.

"Webtoon sebagai medium sangat cocok untuk generasi muda yang visual dan terkoneksi. Ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk memadukan literasi dan seni visual dalam satu narasi yang menarik," jelasnya.

Suasana Pelatihan Proyek Webtoon oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Jogja
Suasana Pelatihan Proyek Webtoon oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Jogja Ade Ardiansyah/Pikiran Rakyat Kuningan

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah