Henry Kissinger sang Diplomat Ulung Meninggal Dunia di Usia 100 Tahun

- 1 Desember 2023, 06:40 WIB
Henry Kissinger sang Diplomat Ulung Meninggal Dunia di Usia 100 Tahun. Mantan Menteri Luar Negeri AS era Presiden Ronald Reagen, Henry Kissinger.* / Foto: IG @henrykissinger/portalsurabaya
Henry Kissinger sang Diplomat Ulung Meninggal Dunia di Usia 100 Tahun. Mantan Menteri Luar Negeri AS era Presiden Ronald Reagen, Henry Kissinger.* / Foto: IG @henrykissinger/portalsurabaya /

PR KUNINGAN — Henry Kissinger sang diplomat ulung peraih Hadiah Nobel Perdamaian merupakan tokoh diplomasi dikenal atas pengabdiannya untuk 2 presiden dimana meninggalkan jejak tak terlupakan dalam kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Henry Kissinger meninggal dunia di usia 100 tahun pada Rabu, 29 November 2023 waktu AS.

Kabar duka itu diungkap Kissinger Associates Inc., bahwa sang diplomat ulung Henry Kissinger meninggal dunia dengan tenang di rumahnya, di Connecticut, AS.

Diketahui semasa hidupnya, meski memasuki usia seratus tahun, Henry Kissinger tetap aktif, menghadiri pertemuan di Gedung Putih, menulis buku tentang gaya kepemimpinan, dan memberikan kesaksian di depan komisi Senat tentang ancaman nuklir Korea Utara.

Henry Kissinger pun masih kuat melakukan lawatan tak terduga ke Beijing pada Juli 2023 untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Baca Juga: Link Download dan Link Nonton Film Saw X 2023, Perjuangan John Kramer Melawan Kanker Otak Serta Teror Mencekam

Ketika menjabat sebagai menteri luar negeri di era Presiden Richard Nixon pada 1970-an, dia terlibat dalam banyak peristiwa dunia yang mengubah sejarah.

Upaya pengungsi Yahudi dari Jerman menghasilkan hubungan diplomatik dengan China, perundingan penting mengenai pengendalian senjata AS-Uni Soviet, perluasan hubungan antara Israel dan negara-negara Arab, dan Perjanjian Damai Paris dengan Vietnam Utara.

Seiring dengan pengunduran diri Nixon pada tahun 1974, posisi Kissinger sebagai pencipta kebijakan luar negeri AS semakin menurun. Namun, ia tetap menjadi daya tarik diplomatik selama masa Presiden Gerald Ford dan menyumbangkan pendapat tajam sepanjang sisa hidupnya.

Banyak orang memuji Kissinger karena kepintaran dan pengalamannya yang kaya, tetapi dia juga dicap sebagai penjahat perang karena mendukung diktator-diktator anti-komunis, terutama di Amerika Latin.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah