Amerika Negara Adidaya Kini Lumpuh, ‘Shutdown’ Diambang Kebangkrutan

- 1 Oktober 2023, 09:18 WIB
Gedung Putih di Amerika Serikat dicicingan ku jurig presiden/pexels/Aaron Kittredge
Gedung Putih di Amerika Serikat dicicingan ku jurig presiden/pexels/Aaron Kittredge /

PR KUNINGAN — Meskipun dalam waktu kurang dari 18 jam sebelum tahun fiskal baru dimulai pada 1 Oktober 2023, belum ada kejelasan tentang cara menyelesaikan perselisihan anggaran negara, Kongres AS akan melakukan pemungutan suara pada Sabtu.

Sepertinya situasi ini akan menyebabkan "shutdown", di mana sebagian besar fungsi pemerintah, mulai dari taman nasional hingga regulator keuangan, akan berhenti.

Karena ketidaksepakatan di antara anggota Partai Republik yang menguasai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, dewan tidak dapat mengesahkan undang-undang yang diperlukan untuk menjalankan pemerintahan.

Baca Juga: Jakarta Hari Ini Berdasar Indeks Standar Pencemar Udara Dinyatakan Tidak Sehat

Di sisi lain, Senat Amerika Serikat yang dipimpin oleh Partai Demokrat berencana mengajukan rancangan undang-undang (RUU) pendanaan sementara di Gedung Capitol di Washington, DC

Namun, dalam beberapa hari ke depan, keputusan akhir mungkin tidak dapat dibuat.

Jika Senat dan DPR tidak mengesahkan RUU anggaran Presiden Joe Biden dari Demokrat sebelum pukul 00.01 dini hari (11.01 WIB) Minggu, ratusan ribu pegawai federal akan kekurangan dana untuk melakukan tugas mereka.

Baca Juga: Manchester United Apes di Kandang, Pasukan Erik ten Hag Disalip Crystal Palace pada Tangga Klasemen

Organisasi federal telah membuat rencana komprehensif yang menjelaskan layanan yang harus dipertahankan, seperti pemeriksaan di bandara dan patroli perbatasan, dan layanan yang harus ditutup, seperti bantuan nutrisi bagi 7 juta ibu miskin.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x