Ternyata ada Dua Cara Mengecek Bansos BLT El Nino Rp 400 ribu, Cek Segera Caranya Mudah!

- 8 Desember 2023, 15:05 WIB
Ilustrasi BLT. Ternyata ada Dua Cara Mengecek Bansos BLT El Nino Rp 400 ribu, Cek Segera Caranya Mudah!.*
Ilustrasi BLT. Ternyata ada Dua Cara Mengecek Bansos BLT El Nino Rp 400 ribu, Cek Segera Caranya Mudah!.* /Antara/Fikri Yusuf

PR KUNINGAN — Bagi masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek bansos Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak kekeringan.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian Sosial, mengadakan program BLT El Nino sebagai upaya membantu masyarakat miskin yang semakin kesusahan akibat dampak kekeringan panjang.

Dengan adanya fenomena cuca El Nino yang terjadi pada saat memasuki pengunjung tahun 2023 ini, membuat dampak besar kekeringan yang melanda dimana-manda hingga harga bahan pangan yang naik. Sehingga, tingkat daya beli masyarakat berkurang.

Untuk mendongkrat hal itu, pemerintah menyalurkan bantuan sosial berupa pemberian uang tunai Rp 200 ribu untuk satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan selama dua bulan yakni, November dan Desember sehingga totalnya Rp 400 ribu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengtakan bahwa total, ada sekitar 18,8 juta KPM yang akan menerima bansos BLT El Nino yang diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut.

Baca Juga: Marc Klok Gelandang Persib Luar Biasa Punya Jiwa Sosial dan Kemanusiaan Tinggi Renovasi SLB Budi Mulia Cililin

Namun tak sedikit masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara mengetahui apakah dirinya mendapatkan bansos BLT El Nino atau tidak.

Terdapat dua cara untuk mengecek apakah anda dinyatakan berhak menerima BLT El Nino atau tidak, simak cara lengkapnya berikut ini:

Aplikasi Cek Bansos

  1. Unduh aplikasi ‘Cek Bansos’ yang dibuat oleh Kemensos RI melalui Goggle Play Store
  2. Klik ‘Buat Akun Baru’ kemudian isi informasi lengkap seperti nomor Kartu Keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat sesuai dengan KTP
  3. Lampirkan swafoto bersama KTP dan foto KTP, lalu klik ‘Buat Akun Baru’
  4. Setelah verifikasi data oleh Kemensos berhasil. Maka akun anda akan aktif secara otomatis dan aplikasi Cek Bansos bisa diakses
  5. Login dengan mengetikkan username dan kata sandi yang telah dibuat
  6. Pilih menu ‘Cek Bansos’
  7. Isi data sesuai dengan KTP
  8. Klik ‘Cari Data’

Baca Juga: Daftar Caleg Kuningan atau DCT Partai Buruh di Pemilu 2024: Simak Dapil 1 hingga 5 Lengkap

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah