Temuan Fakta Terungkap Ihwal Pemerasan Melibatkan Ketua KPK non Aktif Firli Bahuri

- 16 Desember 2023, 07:07 WIB
Temuan Fakta Terungkap Ihwal Pemerasan Melibatkan Ketua KPK non Aktif Firli Bahuri.*
Temuan Fakta Terungkap Ihwal Pemerasan Melibatkan Ketua KPK non Aktif Firli Bahuri.* /Foto : instagram @firlibahuriofficial

PR KUNINGAN — Di persidangan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, penyidik Polda Metro Jaya menyatakan bahwa ada temuan bukti yang menyatakan Ketua non-aktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terlibat dalam kasus pemerasan.

Sebagaimana diketahui, Sidang prapradilan Ketua KPK non aktif Firli Bahuri dilanjutkan pada Jumat, 15 Desember 2023, dengan saksi dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, yang merupakan termohon, dan penyidik Subdit V Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKP Arief Maulana.

Baca Juga: Banjir Cuan, Pesanan Shopee Video 45x Lipat dan Transaksi Shopee Live 49x Lipat di 12.12 Birthday Sale

Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa ada peristiwa pidana terkait pemerasan, gratifikasi, hadiah, atau janji yang dibuat oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara terkait penan.

Arief menjelaskan proses penetapan tersangka Ketua KPK non aktif Firli Bahuri dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) selama sidang tersebut.

Baca Juga: Pemilu di Daerah Kuningan, Panwaslu Jalaksana Siap Kawal Ketat Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Pada 12 Agustus 2023, Arief menyatakan bahwa Ketua KPK non aktif tersebut melakukan laporan dugaan korupsi dalam menangani kasus di Kementerian Pertanian RI. Pada 15 Agustus 2023, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengeluarkan arahan untuk melakukan verifikasi aduan masyarakat tersebut, mengumpulkan bahan dan keterangan (Pulbket), dan melaporkan hasilnya.

Pada 16 Agustus 2023, serangkaian tindakan dimulai, mulai dari pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbket) hingga penyelesaian kasus. Laporan tersebut kemudian dianggap layak untuk penyelidikan.

Baca Juga: Selama Natal dan Tahun Baru 2024 Pertamina Patra Niaga Optimalkan Pasokan Energi di Regional Jawa Bagian Barat

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: PMJ


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x