Wapres Ma’ruf Amin : Menjaga Marwah MK dan KPK Jadi ‘PR Besar’ Bangsa Indonesia Hari ini

- 26 November 2023, 07:35 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin tiba di Bratislava disambut anak Indonesia di Slovakia
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin tiba di Bratislava disambut anak Indonesia di Slovakia /Twitter/@SetwapresRI

PR KUNINGAN — Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa menjaga marwah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mahkamah Konstitusi (MK) sekarang ini menjadi pekerjaan rumah besar.

Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat sebagai pengawal, memiliki PR besar untuk mempertahankan martabat dan meningkatkan kredibilitas KPK dan MK setelah mengalami berbagai kasus yang menyorot perhatian publik.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Firli Bahuri Diberhentikan Presiden Jokowi, Lalu Nawawi Pomolango Jabat Ketua KPK Sementara

"Kita harus membuat MK lebih bermarwah lagi, bagaimana KPK juga lebih bermarwah," ujar Wapres Ma’ruf Amin di sela kegiatannya di Bratislava, Slovakia, Sabtu 25 November 2023 siang waktu negara setempat.

"Itu PR besar yang kita hadapi sekarang," tukasnya.

Pernyataan Ma'ruf Amin tersebut menjawab pertanyaan tentang posisi penting Nawawi Pomolango, yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri, yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap SYL.

Baca Juga: Isi SW PWI, Rokhmat Ardiyan ‘Share’ Ilmu Faktor Kali dalam Bisnis dan 7 Prinsip Integritas Kepada Wartawan

Ma'ruf percaya bahwa Namawi Pomolango akan memperbaiki KPK. Bahwa, organisasi antirasuah harus meningkatkan upaya penegakan hukum. "Kita harapkan pengganti (Firli Bahuri) ini bekerja lebih baik."

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan bahwa penegakan hukum harus ditingkatkan lagi. Dia juga mengingatkan, "Jangan sampai lembaga penegak hukum kita itu kemudian kredibilitas-nya turun sehingga perlu dibenahi."

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x