Hari Raya Paskah 2024: Tanggal, Sejarah, Makna dan Perayaan Festival Umat Kristen

- 30 Maret 2024, 11:34 WIB
Ilustrasi Paskah/ Hari Raya Paskah 2024: Tanggal, sejarah, makna, perayaan festival Umat Kristen
Ilustrasi Paskah/ Hari Raya Paskah 2024: Tanggal, sejarah, makna, perayaan festival Umat Kristen /

PR KUNINGAN — Hari raya paskah 2024,  Semua yang perlu Anda ketahui tentang tanggal, sejarah, makna, dan cara umat Kristiani merayakannya, dari Prapaskah hingga Pekan Suci, dapat ditemukan di sini.

Hari raya paskah dianggap sebagai awal yang baru, masa kebangkitan, dan perayaan kehidupan yang mengingatkan pada harapan bagi umat Kristiani di seluruh dunia.

Jangan pernah tersesat, karena selalu ada cahaya di ujung jalan. Paskah adalah hari pesta dan perayaan di mana orang memainkan permainan tradisional Paskah, menghias dan membagikan telur Paskah, dan menghadiri kebaktian doa. Namun, tidak ada tanggal pasti untuk perayaan Paskah, tidak seperti Natal.

Menurut Perjanjian Baru dalam Alkitab, hari raya ini terjadi tiga hari setelah orang Romawi penyaliban Yesus. Ini mengakhiri "Sengsara Kristus", yang dimulai dengan puasa empat puluh hari yang dikenal sebagai Prapaskah dan diakhiri dengan Pekan Suci.

Baca Juga: Inilah 6 Tanda  Seseorang Mendapat Malam Lailatul Qadar

Tanggal dan Waktu Hari Paskah 2024

Untuk tahun ini, perayaan hari paskah 2024 akan di rayakan oleh seluruh umat kristen di seluruh dunia, mereka akan senantiasa melakukan perayaan ini yang jatuh pada hari Mingu, 31 Maret 2024.

Sejarah Hari Paskah

Alkitab Perjanjian Baru menceritakan kisah di balik Paskah tentang bagaimana Yesus ditangkap oleh penguasa Romawi karena mengaku sebagai "Anak Tuhan". Kemudian, kaisar Romawi Pontius Pilatus menjatuhkan Yesus di atas salib. Tiga hari kemudian, perayaan Paskah dimulai dengan kebangkitannya. Selain itu, hari ini memiliki hubungan yang erat dengan hari raya Paskah Yahudi.

Menurut Perjanjian Baru, itu dianggap terjadi pada hari ketiga setelah dia dibunuh di Golgota oleh orang Romawi. Ini adalah puncak dari masa Prapaskah keagamaan, yang adalah periode empat puluh hari di mana orang berpuasa, berdoa, dan menebus dosa.

Baca Juga: Ternyata Inilah Alasan Pinjaman Anda Ditolak Pihak Bank, Cek Syarat Pinjaman KUR BRI 2024

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah