Dimulai Bulan Juli 2024, Ini Daftar Lembaga dan Kementerian yang Pindah ke IKN Tahap Pertama

- 18 April 2024, 07:48 WIB
Dimulai Bulan Juli 2024, Ini Daftar Lembaga dan Kementerian yang Pindah ke IKN Tahap Pertama.*
Dimulai Bulan Juli 2024, Ini Daftar Lembaga dan Kementerian yang Pindah ke IKN Tahap Pertama.* /KEMENPAREKRAF

PR KUNINGAN - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), telah merilis daftar kementerian dan lembaga yang bakal diprioritaskan untuk pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk tahap pertama.

Melalui Menteri Menpan RB, Abdullah Azwar Anas menjelaskan total ada 38 kementerian dan lembaga yang diprioritaskan untuk pindah ke IKN lebih awal atau untuk tahap pertama.

Dirinya mengatakan, kementerian dan lembaga yang menjadi prioritas pertama tersebut didasarkan pada perannya yang dianggap penting dalam menunjang kinerja presiden.

Para pejabat yang bakal dipindahkan ke IKN untuk tahap pertama total ada 178 eselon I yang berasal dari 38 kementerian dan lembaga.

Baca Juga: Habib Rizieq Hingga Din Syamsuddin pun Ajukan ‘Amicus Curicae’ Jelang Putusan Sidang MK Sengketa Pilpres 2024

"Kami mendapatkan arahan dari Istana, bahwa pemindahan bertahap, tetapi ASN akan pindah setelah Agustus, setelah upacara (Hari Kemerdekaan)," ucap Azwar Anas, pada Rabu, 17 Maret 2024.

Tidak hanya didasarkan tingkat peran penting, ia menyebut bahwa pemindahan kementerian dan lembaga itu bakal mengikuti kesiapan hunian untuk para ASN.

Terkait hal tersebut, Menpan RB itu memastikan saat ini gedung-gedung hunian sudah banyak yang berdiri dengan cepat.

Tidak hanya para ASN, sejumlah menteri juga bakal cepat pindah ke IKN pada bulan Juli 2024 mendatang. Salah satu menteri yang dipastikan bakal mendiami IKN lebih cepat adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x