Pengantin Sunat Khitanan Massal di Maleber Diarak Riang Gembira

- 12 April 2024, 15:05 WIB
Pawai khitanan massal di Maleber Kuningan yang berlangsung bertepatan momen Lebaran Idul Fitri 1445 H
Pawai khitanan massal di Maleber Kuningan yang berlangsung bertepatan momen Lebaran Idul Fitri 1445 H /Ist/

PR KUNINGAN — Pawai khitanan massal yang berlangsung bertepatan momen Lebaran Idul Fitri 1445 H, disambut antusias riang gembira masyarakat Desa / Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, Kamis 11 April 2024.

Pengantin sunat menaiki andong bersama keluarganya menempuh jarak sekitar 3 km dengan berbagai arak-arakan dan kemonesan khas tradisi budaya Maleber.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Kuningan Undang Perantau ke Pendopo, Syawalan Halal Bihalal

Di halaman balai Desa Meleber, Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., membuka momen hajat desa bersama dengan pawai khitanan massal. Tampak hadir, Wakil Ketua DPRD Kuningan, H. Ujang Kosasih, aparat pemerintah kecamatan dan desa, serta para tokoh.

Baca Juga: WOW: Indahnya Lembah Cilengkrang Menjadi Destinasi Hits Kabupaten Kuningan

Anak-anak dan ibu-ibu tampak sangat gembira sepanjang jalan menikmati pawai khitanan massal. Salah satu warga Dusun Pahing, Desa Maleber, Ibu Engkun (50) mengatakan bahwa pawai sunatan masal ini sangat menghibur karena dapat menyaksikan berbagai arakan, seperti hiasan Andong, replika domba, orang lain menggergaji, Drum Band, dan banyak lagi.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Kondisi Terkini Longsor Jalan Penghubung Cipasung Subang

Sambil menyaksikan pawai, Sekda Kuningan mengatakan bahwa acara ini lebih dari sekadar khitanan massal. Itu adalah peristiwa penting yang menciptakan hubungan sosial dengan kepedulian terhadap anak-anak yang disunat dan pelestarian budaya lokal. 

Menurutnya, dengan partisipasi yang begitu besar dari masyarakat, ini merupakan wujud pelestarian budaya yang terintegral sebagai identitas Desa Maleber dan Kuningan secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Iwan Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah