2 Hercules Disiapkan TNI Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

- 3 November 2023, 07:28 WIB
2 Hercules Disiapkan TNI Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina.*
2 Hercules Disiapkan TNI Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina.* /ANTARA/GALIH PRADIPTA

PR KUNINGAN — Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mengirimkan bantuan kemanusian untuk Rakyat Palestina yang sedang menghadapi opresi Israel belakangan ini.

TNI telah menyiapkan dua pesawat Angkatan Udara Hercules C-130, yang masing-masing bernomor A-1327 dan A-1328 untuk misi pengiriman bantuan kemanusian yang merupakan hasil dari instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Emoji Semangka Ternyata Punya Arti Sangat Dalam Bagi Rakyat Palestina Melawan Opresi Israel

Kepala Pusat Penerangan TNI, Laksda Julius Widjojono, mengatakan, "TNI menyiapkan dua pesawat Hercules dari Skadron Udara 31 dan 32. Selain itu, kita menyiapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut," dalam pernyataan yang diberikan pada Kamis, 2 November 2023.

Julius juga mengatakan bahwa pesawat carter Boeing 737 Garuda dari Polri juga akan digunakan untuk mengirimkan bantuan kepada warga Palestina.

Baca Juga: Pengunjuk Rasa di Amerika Geruduk Ruang Sidang Senat AS, Kutuk Pembantaian Brutal Israel Terhadap Palestina

Dia menyatakan bahwa ada tiga unit pesawat yang diberikan dukungan pesawat untuk mengirimkan logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Julius menyatakan bahwa saat ini Kementerian Luar Negeri RI sedang mengajukan nota diplomatik visa terkait overflight clearance, landing permit, ground handling, dan hal-hal lainnya, sementara Kementerian Pertahanan RI membantu pembiayaan pengiriman bantuan.

Baca Juga: Bantuan Alsintan Kembali Turun dari Pemerintah Pusat untuk Petani Kuningan

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Puspen TNI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x