BLT El Nino Diguyurkan November-Desember 2023, Siapa Saja Penerima Manfaatnya? Baca Ini Cara Cek BLT El Nino

- 4 November 2023, 08:25 WIB
BLT El Nino Diguyurkan November dan Desember 2023, Siapa Saja Penerima Manfaatnya? Baca Ini Cara Cek BLT El Nino.*
BLT El Nino Diguyurkan November dan Desember 2023, Siapa Saja Penerima Manfaatnya? Baca Ini Cara Cek BLT El Nino.* /

PR KUNINGAN — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan Bantuan Langsung Tunai bagi masyarakat terdampak kemarau panjang, yakni ‘BLT El Nino’ senilai Rp400 ribu untuk para penerima manfaat.

Dengan rincian BLT El Nino yaitu sebesar Rp200 ribu akan diberikan pada bulan November 2023 dan Desember 2023.

Hal itu terungkap saat Presiden Jokowi melakukan kunjungannya ke Padang Sumatera Barat. Di sana menyatakan bahwa BLT El Nino akan diberikan langsung kepada masyarakat yang menerimanya. “Kita tahu kondisi saat ini, jangan sampai mengurangi daya beli masyarakat,” kata Jokowi pada Jumat 27 Oktober 2023, dikutip dari setkab.go.id.

Baca Juga: Doa Untuk Palestina dan Doa Kebaikan Untuk Orang-orang Terzalimi

Namun, Bantuan Langsung Tunai ini tidak akan diterima oleh semua masyarakat Indonesia. Keluarga yang paling terdampak oleh El Niño ialah menjadi penerima manfaat BLT El Nino.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan ini. Dalam konferensi pers APBN Kita Edisi Oktober 2023, Sri Mulyani menyatakan, "Mereka akan mendapatkan Rp 200 ribu per bulan untuk November dan Desember." Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar 7,52 triliun untuk mencairkan bantuan ini.

Selain bantuan tunai, pemerintah juga menyiapkan bantuan beras untuk bulan Desember 2023. 21,3 juta KPM akan menerima bantuan ini.

Baca Juga: Modus Baru Peredaran Narkotika, Polisi Bongkar Pabrik Keripik Pisang Narkoba di Bantul Yogyakarta

Pemerintah akan memberikan dua bantuan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Kementerian Sosial. Dua langkah ini dapat dilakukan untuk menentukan apakah Anda termasuk dalam keluarga yang menerima bantuan tersebut.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah