Api Melahap Lahan Hutan, hingga Tewaskan 99 Orang dan Ratusan Lagi di Kabarkan Hilang

- 5 Februari 2024, 10:57 WIB
Ilustrasi, kebakaran hutan di negara Chili telah menewaskan 99 korban jiwa
Ilustrasi, kebakaran hutan di negara Chili telah menewaskan 99 korban jiwa /Pexels/Vladyslav Dukhin/

PR KUNINGAN — Insiden kebakaran hutan telah melanda di sekitar wilayah padat penduduk di Negara Chile, telah memakan hutan hingga merambat ke pemukiman warga, sehingga menewaskan setidaknya 99 orang dan ratusan  lagi masih hilang.

Melansir dari Reuters, Presiden Chile, Gabriel Boric memperingatkan negara itu telah menghadapi "tragedi yang sangat besar," ucapnya pada Minggu. Akibat kebakaran hutan yang melanda Chile yang menewaskan sedikitnya 99 orang dan ratusan lainnya masih hilang.

Dalam beberapa hari terakhir, kebakaran hutan mengancam pinggiran luar Vina del Mar dan Valparaiso, dua kota pesisir yang sangat disukai oleh turis. Lebih dari satu juta orang tinggal di kota-kota ini di sebelah barat ibu kota Santiago, dan mereka tersebar di seluruh wilayah perkotaan.

Baca Juga: Ternyata Gara-gara ini Persib Kehilangan 3 Poin Ladeni Persis Solo di Kandangnya Gelora Bandung Lautan Api

Petugas pemadam kebakaran yang menggunakan helikopter dan truk berjuang untuk memadamkan api sementara asap hitam mengepul ke langit di banyak bagian wilayah Valparaiso, rumah bagi hampir satu juta orang di Chile tengah.

Banyak orang yang terkena dampak mengunjungi pantai selama liburan musim panas karena kebakaran hutan ini, yang dianggap sebagai kebakaran hutan paling mematikan yang pernah terjadi di Chile.

Puluhan ribu orang Chile menuju ke pesisir Valparaiso untuk liburan musim panas karena kebakaran terjadi di tengah gelombang panas. Di jalan raya utama, kemacetan membuat petugas pemadam kebakaran dan ambulans sulit bergerak.

Baca Juga: 1000 Mawar Kaesang Pangarep Semerbak Disebar Caleg DPR RI ini di Dapil X Jawa Barat

Pemerintah Chili telah memberlakukan jam malam pada pukul 9 malam di wilayah yang paling parah terkena dampaknya. Mereka juga mengirimkan militer untuk membantu petugas pemadam kebakaran mencegah api menyebar, dan helikopter menggunakan air untuk mencoba memadamkan api dari udara.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x