Tanggul Sungai Jebol Luapkan Air Bah Bencana Banjir di Grobogan

- 7 Februari 2024, 10:31 WIB
Tanggul Sungai Jebol Luapkan Air Bah Bencana Banjir di Grobogan.* (Ist)
Tanggul Sungai Jebol Luapkan Air Bah Bencana Banjir di Grobogan.* (Ist) /

PR KUNINGAN — Bencana banjir Grobogan disebabkan tanggul sungai jebol hingga mengakibatkan sejumlah rumah warga sekitar terendam luapan air bah, juga areal lahan pertanian milik warga setempat tergenang.

Kepala BPBD Grobogan, Endang Sulistyoningsih, mengungkapkan, tanggul Sungai Jragung di Kecamatan Karangawen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, jebol pada Senin, 5 Februari 2024 malam.

Hal itu, tanggul sungai jebol karena tidak dapat menahan curah hujan yang tinggi. "Tim BPBD Grobogan langsung ke lokasi kejadian," kata Endang di Grobogan, Selasa 6 Februari 2024.

Baca Juga: Innalillahi, Banjir Demak Rendam 4.000 Rumah Warga dan 275 Hektare Lahan Pertanian

Dia menyatakan bahwa sebagai akibat dari kejadian tersebut, air menggenangi permukiman penduduk dan area pertanian milik warga.

Banjir di beberapa desa juga disebabkan oleh air dari beberapa sungai yang melimpas; air Sungai Tuntang adalah salah satu sungai yang melimpas, menyebabkan banjir di daerah sekitarnya.

Baca Juga: Pemilik ‘Rumah Surga’ Abah Jajang yang Sempat Viral Dapat Penghargaan dari Pemkab Cianjur

"Kami juga masih meninjau di lapangan untuk mendapatkan informasi yang lengkap," katanya.

Di Kabupaten Grobogan, curah hujan yang tinggi menyebabkan tanggul sungai jebol dan banjir di banyak desa di berbagai kecamatan.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x