Rawan Depresi, Rumah Sakit Jiwa ini Terbuka Untuk Caleg yang Gagal Terpilih di Pemilu 2024

- 9 Februari 2024, 22:06 WIB
Perawat mendorong kursi roda untuk pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa
Perawat mendorong kursi roda untuk pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa /ANTARA/Auliya Rahman/tom.

PR KUNINGAN — Calon Legislatif (caleg) yang mengalami tekanan mental atau depresi akibat gagal terpilih dalam Pemilu 2024 tak perlu risau, RSJ ini siap berikan terapi khusus untuk menangani masalah tersebut.

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Islam Klender, yang terletak di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, bersiap untuk menyediakan terapi kepada calon anggota legislatif (caleg) yang tidak berhasil memenangkan pemilihan pada Pemilu 2024.

Direktur Utama RSJ Islam Klender, dr. Prasila Darwin, SpKJ, menyatakan, "Kami tidak ada persiapan khusus, tapi pada intinya kami siap jika dibutuhkan, seperti ruang rawat inap untuk pasien-pasien bagi para caleg yang memang mengalami tekanan yang berat dan membutuhkan terapi."

Baca Juga: Tahun Baru Imlek 2024: Kenapa Warna Merah Selalu Identik dengan Perayaan Tahun Naga Kayu?

Dia menyatakan bahwa telah disiapkan sebanyak delapan ruang untuk caleg yang mengalami kegagalan yang di khawatirkan menyebabkan tekanan mental, sehingga membutuhkan perawatan.

Prasila menyatakan bahwa pasien rawat inap juga akan mendapatkan pendampingan jika mereka mengalami gejala yang signifikan, tetapi itu tergantung pada keluhan pasien.

Sementara itu, bagi pasien yang hanya terindikasi gejala ringan, nantinya akan diberikan berupa konseling.

Baca Juga: Ini Lokasi Diler BYD di Indonesia Kerjasama dengan Arista Group: Mudah di Jangkau Fasilitas Kekinian!

"Kami menyiapkan tim psikiater jika gangguan jiwanya berat. Tetapi jika gangguannya ringan, biasanya kami juga bekerja sama dengan psikolog karena pasien hanya membutuhkan konseling saja dan tidak perlu obat-obatan seperti itu," ucap Prasila.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah